Pekerja membangun rumah untuk warga yang akan pindah dari kawasan kumuh di Temanggung, Jawa Tengah. ANTARA/Heru Suyitno
Pekerja membangun rumah untuk warga yang akan pindah dari kawasan kumuh di Temanggung, Jawa Tengah. ANTARA/Heru Suyitno

Temanggung Bantu Warga di Permukiman Kumuh Pindah Tempat Tinggal

Nasional rakyat miskin penggusuran rumah
Antara • 15 Oktober 2020 09:57
Temanggung: Pemerintah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, memberikan bantuan masing-masing Rp35 juta kepada 37 keluarga yang tinggal di kawasan permukiman kumuh Rowali, Kelurahan Kertosari, agar bisa pindah ke tempat tinggal yang lebih baik.
 
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman Kabupaten Temanggung, Hendra Sumaryana, mengatakan pemerintah memberikan bantuan stimulus pembangunan rumah itu menggunakan dana alokasi khusus (DAK) perumahan.
 
"37 keluarga yang mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten tersebut tinggal di tanah milik pemerintah daerah di Rowali. Sebagian dari mereka sudah tinggal di sana selama puluhan tahun," kata Hendra di Temanggung, Kamis, 15 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Sejumlah Sekolah di Yogyakarta Mulai Belajar Tatap Muka
 
Hendra menjelaskan dalam rangka menata kembali area, pemerintah daerah memberikan bantuan kepada warga yang tinggal di kawasan kumuh Rowali agar bisa pindah ke tempat tinggal yang lebih baik.
 
Pemerintah memfasilitasi kredit pembelian tanah ringan dan kita berikan bantuan stimulus pembangunan rumahnya masing-masing Rp35 juta. Sementara untuk sisanya warga melakukan swadaya sendiri.
 
Menurutnya pemerintah daerah berupaya menghilangkan kawasan-kawasan kumuh, memastikan legalitas kepemilikan lahan warga, dan membantu menyediakan tempat tinggal yang layak kepada warga dengan melibatkan masyarakat dan sektor swasta.
 
"Kita juga fasilitasi jalan dengan dana dari pemerintah provinsi. Syaratnya masyarakat kurang mampu dan bersedia swadaya terkait pembelian tanah untuk mendukung konsep menghilangkan kawasan kumuh daerah," jelasnya.
 
Paryanto, 40, salah satu penerima dana stimulus pembangunan rumah dari pemerintah mengaku bersyukur mendapat kesempatan untuk memiliki tempat tinggal yang lebih baik.
 
"Kalau luas tanahnya berbeda-beda, tergantung warga mau beli berapa luas. Kalau jumlah bantuannya sama Rp35 juta. Semoga ke depan rumah kami bisa menjadi tempat tinggal yang lebih nyaman untuk keluarga," kata Puryanto.
 

 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif