Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. ANTARA Foto/Mohammad Ayudha
Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. ANTARA Foto/Mohammad Ayudha

Jumat, Gibran Dilantik Jadi Wali Kota Solo

Triawati Prihatsari • 24 Februari 2021 14:08
Solo: Wali kota dan wakil wali kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa dilantik pada Jumat, 26 Februari 2021, secara daring. Pelantikan akan digelar di Gedung Paripurna DPRD Solo bersamaan dengan sidang paripurna.
 
"Pelantikan dilakukan dari provinsi secara daring. Setelah pelantikan akan diteruskan dengan serah terima jabatan (Sertijab), sidang paripurna perdana dan pidato perdana sebagai wali kota Solo," ujar Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, di Solo, Rabu, 24 Februari 2021.
 
Awalnya, pelantikan akan dilakukan di Balai Tawangarum Kompleks Balaikota Solo. Namun dipindah ke Gedung Paripurna DPRD Kota Solo dan digabung dengan sejumlah agenda acara lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Jokowi Dipastikan Tak Menghadiri Pelantikan Gibran
 
Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemerintah Kota Solo, Wahyu Kristina, menambahkan tamu undangan dalam pelantikan dibatasi maksimal 25 orang demi menerapkan protokol kesehatan. Jumlah tersebut termasuk Gibran-Teguh beserta istri, Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo Ahyani beserta istri dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), ketua KPU Kota Solo dan Ketua Bawaslu Kota Solo.
 
"Nanti juga akan dihadiri mantan Wali Kota Solo sebelumnya, FX Hadi Rudyatmo dan mantan Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo beserta istri. Jadi nanti terbagi dua sesi. Sesi pertama yakni pelantikan, sesi kedua Sertijab dan sidang paripurna yang dilanjutkan dengan agenda pembacaan pidato Wali Kota," ungkapnya.
 
Baca: Gibran Habiskan Dana Rp3 Miliar untuk Jadi Wali Kota Solo Terpilih
 
Sebelumnya, Gibran menyampaikan Presiden Joko Widodo dipastikan tidak menghadiri acara pelantikannya. Gibran pun tidak melakukan persiapan khusus untuk pelantikan.
 
"Tidak, Bapak Ndak akan menghadiri pelantikan saya. Saya sendiri tidak ada persiapan khusus. Dan saya sudah ada pertemuan (dengan tokoh dan OPD) untuk masa transisi. Yang pasti untuk misi utama percepatan pemulihan ekonomi setelah dilantik. Kita pengennya semua berjalan smooth," paparnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif