Pelaksanaan uji coba peniadaan pembayaran di GT Palimanan Tol Cipali (Istimewa)
Pelaksanaan uji coba peniadaan pembayaran di GT Palimanan Tol Cipali (Istimewa)

Demi Mudik Lancar, Pembayaran di GT Palimanan Ditiadakan

Nasional Mudik Lebaran Tarif Tol Jalan Tol Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022
Ahmad Rofahan • 22 April 2022 18:27
Cirebon: Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), ASTRA Tol Cipali, PT Jasa Marga, dan PT Waskita Toll Road, akan menyederhanakan transaksi di gerbang tol (GT) guna memperlancar arus mudik Lebaran 2022, 
 
Penyederhanaan itu dengan mengalihkan transaksi di GT Palimanan Jalan Tol Cikopo Palimanan (Cipali).
 
Pelaksana Harian anggota BPJT Kementerian PUPR, Mahbullah Nurdin, menjelaskan, dengan pengalihan tersebut,pembayaran tarif jalan Tol Cipali yang semula dilakukan di GT Palimanan, akan dilakukan di gerbang tol keluar tujuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti pembayarannya di GT Tol Palimanan-Kanci, jalan Tol Kanci-Pejagan, jalan Tol Pejagan-Pemalang, jalan Tol Pemalang-Batang, dan jalan Tol Batang-Semarang untuk pengguna jalan yang menuju arah Trans Jawa,” ujar Mahbullah, Jumat, 22 April 2022.
 
Menurut Mahbullah, kebijakan ini merupakan salah satu upaya mendukung kebijakan Pemerintah dalam memberikan kelonggaran bagi masyarakat untuk kembali merayakan mudik Lebaran di kampung halaman dengan lancar, aman, dan nyaman.
 
Baca juga: 23,5 Juta Pemudik Akan Masuk Jawa Tengah
 
Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, Agung Prasetyo, menambahkan, bagi pemudik  yang melakukan perjalanan jauh (terus) menuju Semarang dan sekitarnya, pembayaran tarif untuk jalan Tol Cipali akan dilakukan di GT Kalikangkung.
 
Sedangkan untuk pemudik yang menuju arah sebaliknya, yaitu pengguna jalan dari arah Trans Jawa menuju jalan Tol Jakarta-Cikampek, tarif untuk jalan Tol Cipali akan dibayarkan di GT Cikampek Utama.
 
“Kebijakan tersebut, berlaku juga untuk arah sebaliknya,” kata Agung.
 
Agung juga menuturkan, pengalihan transaksi GT Palimanan ke gerbang berikutnya pada saat pelayanan lajur Lebaran 2022, merupakan bentuk peningkatan pelayanan untuk mempercepat waktu tempuh di jalan tol. Penerapan pengalihan transaksi ini mulai diujicobakan pada 22 April 2022.
 
“Jika lancar dan tidak ada kendala, akan mulai diberlakukan pada 25 April 2022, saat masyarakat mulai melakukan mudik,” jelas Agung.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif