Ketua Bawaslu Kota Semaarang, Muhammad Amin: Medcom.id/ Mustholih
Ketua Bawaslu Kota Semaarang, Muhammad Amin: Medcom.id/ Mustholih

Soal Anggaran Pemilu 2024, Bawaslu Kota Semarang Menunggu Bawaslu RI

Mustholih • 11 Agustus 2022 18:11
Semarang: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang belum mengeluarkan estimasi besaran anggaran yang dibutuhkan untuk pengawasan Pemilu 2024. Ketua Bawaslu Kota Semarang, Muhammad Amin, menegaskan besaran anggaran pengawasan Pemilu 2024 di Kota Semarang tergantung estimasi dari Bawaslu RI.
 
"Karena saat ini di Bawaslu RI pun belum menurunkan (angka) globalnya. Jadi estimasi masih berproses dalam pembahasan. Tergantung dari Bawaslu RI karena ini kan dari APBN," kata Amin di sela-sela peluncuran buku Bawaslu Kota Semarang dari Masa ke Masa, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 11 Agustus 2022.
 
Baca: Puluhan Ribu Data Ganda Pemilih Ditemukan di Kota Tangerang

Menurut Amin kemungkinan proses pencairan anggaran pengawasan Pemilu 2024 baru akan turun mengikuti tahapan-tahapan pemilihan. "Saat ini baru tahapan pendaftaran partai politik. Sepertinya, politik anggaran akan ke sana (per tahapan-tahapan)," jelas Amin.
 
Meski belum mengeluarkan estimasi anggaran untuk Pemilu 2024, Amin menyatakan Bawaslu Kota Semarang sudah membuat estimasi terkait anggaran pengawasan untuk Pilkada 2024. Menurut Amin Bawaslu Kota Semarang membutuhkan anggaran Rp21 miliar untuk melakukan pengawasan Pilkada 2024. "Untuk Pilkada 2024 kami mengajukan sekitar Rp21 miliar," ungkap Amin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amin berujar soal anggaran, lebih enak mengestimasi untuk pengawasan Pilkada 2024. Karena, di Pilkada 2024, Bawaslu Kota Semarang punya wewenang mengajukan anggaran sendiri ke Pemerintah Kota Semarang. "Kalau Pilkada enak, kami sudah tahu karena kami yang merancang," ujar Amin.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif