Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

Papua Barat Mendapat Jatah 7.160 Dosis Vaksin Covid-19

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 Pencegahan Covid-19 penanggulangan covid-19
Antara • 04 Januari 2021 13:59
Manokwari: Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Perorangan, mengatakan pihaknya memperoleh sebanyak 7.160 dosis vaksin covid-19 dari pemerintah pusat.
 
"Dalam pekan ini diperkirakan vaksin tersebut sudah dikirim dari Jakarta dan tiba Papua Barat. Pengiriman dilakukan 6 Januari, jadi kemungkinan 7 Januari 2021 sudah tiba di sini," ucap Otto, Senin, 4 Januari 2021.
 
Otto belum tahu pasti vaksin jenis apa yang diberikan ke Papua Barat. Pengiriman dilakukan melalui Bio Farma dan sudah melalui uji klinis termasuk pemeriksaan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga memastikan alat penyimpanan vaksin telah siap di seluruh kabupaten dan kota di Papua Barat. Begitu tiba, vaksin akan disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan provinsi di Manokwari.
 
Pada tahap pertama, menurut dia, vaksinasi akan diprioritaskan bagi kelompok yang memiliki risiko penularan tinggi. Tenaga kesehatan merupakan salah satu kelompok dari sasaran vaksinasi tersebut.
 
Baca juga: Banjir di Langsa Meluas ke Empat Kecamatan
 
"Untuk pendataan ulang nakes sudah dilakukan melalui aplikasi. Hasilnya akan dilaporkan ke BPSDM Kemenkes di Jakarta," lanjut dia.
 
Otto menyebutkan jumlah dosis vaksin yang diberikan ke Papua Barat belum bisa menjangkau seluruh sasaran pada kelompok rentan. Untuk itu vaksinasi akan disesuaikan dengan dosis yang diberikan pusat.
 
Ia menambahkan sejumlah daerah di Papua Barat masih terus mengalami penambahan kasus positif covid-19. Seperti Kota Sorong, Manokwari, Kabupaten Sorong, Teluk Bintuni, Sorong Selatan, dan Teluk Wondama.
 
"Daerah-daerah itu akan menjadi prioritas, namun daerah lain juga tetap akan kita berikan perhatian pada vaksinasi ini," jelasnya.
 
Meskipun vaksinasi di Papua Barat akan segera dilakukan, Otto mengimbau agar masyarakat di seluruh daerah tetap mewaspadai penularan covid-19. Protokol kesehatan wajib dalam setiap aktivitas. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif