Banjir di Aceh Timur. (Foto: Istimewa)
Banjir di Aceh Timur. (Foto: Istimewa)

Banjir di Langsa Meluas ke Empat Kecamatan

Nasional banjir bencana alam bencana banjir
Fajri Fatmawati • 04 Januari 2021 13:48
Banda Aceh: Hujan yang mengguyur wilayah Kota Langsa, Aceh, mengakibatkan banjir meluas ke empat kecamatan. Ketinggian air yang menggenangi permukiman penduduk antara 20 hingga 50 sentimeter.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Sunawardi, mengatakan banjir terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi sejak sekitar pukul 15.40 WIB, Sabtu, 2 Januari 2021.
 
“Akibat hujan yang sangat deras beberapa hari terakhir sehingga banjir meluas ke empat kecamatan di kota Langsa," kata Sunawardi, Senin, 4 Januari 2021.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sunawardi memerinci empat wilayah yang terendam banjir yakni, Kecamatan Langsa Baro, Langsa Barat, Lama, dan Kecamatan Langsa Timur.
 
"Untuk dampak material dan pengungsi masih dalam pendataan. Namun, untuk korban terdampak juga semakin bertambah sebanyak 2.323 kepala keluarga dengan 9.448 jiwa," ujarnya.
 
Baca juga: 58.840 Nakes di Sumsel Akan Disuntik Vaksin Covid-19 Bertahap
 
Sementara itu, BPBD Kota Langsa hingga saat ini masih melakukan koordinasi dan pelaporan terkait pendataan terhadap korban terdampak dan pengungsi dan melakukan patroli di beberapa kecamatan serta menyalurkan bantuan logistik.
 
"Meskipun hujan sudah reda namun kondisi cuaca masi mendung sehingga ada kemungkinan hujan lagi, saat ini banjir akibat genangan air hujan sejak pagi hingga siang tadi sudah mulai surut namun berganti dengan banjir luapan sungai Langsa yang mulai menggenangi gampong (desa) di sekitar wilayah DAS," ungkap dia.
 
Sementara itu banjir di Kabupaten Aceh Timur, menyebabkan dua orang meninggal. Keduanya tewas tenggelam.
 
"Ada dua orang meninggal akibat tenggelam ketika sedang bermain dan mandi di kolam Desa Krueng Lingka, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur, saat banjir terjadi," imbuh Sunawardi.
 
Banjir di Aceh Timur juga membuat ratusan jiwa terdampak dan permukiman warga terendam. Ada sembilan kecamatan yang dilanda banjir di Aceh Timur, di antaranya Kecamatan Idi Timur, Peudawa, Darul Ihsan, Idi Tunong, Peureulak, Birem Bayeun, Ranto Peureulak, Indra Makmu, dan Rantau Selemat.
 
"Petugas kita masih terus melakukan pendataan, untuk bantuan masa panik telah disalurkan kepada pengungsi, kondisi terakhir hingga saat debit air di beberapa titik terus meningkat antara 20 hingga 100 sentimeter," papar dia.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif