Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko)
Ilustrasi. (Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko)

3.702 Calon Penerima PKH di Jepara Diverifikasi

Nasional Virus Korona bansos dana pkh Bantuan Pangan Nontunai Bantuan Langsung Tunai
Rhobi Shani • 12 Januari 2021 15:17
Jepara: Sebanyak 3.702 kepala keluarga calon penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Jepara, Jawa Tengah, mulai diverifikasi. Ribuan calon penerima baru itu ditinjau guna memastikan KPM layak menerima bantuan.
 
Koordinator Kabupaten (Koorkab) PKH Jepara, Kiki Ari Cahyo, menjelaskan, jumlah calon KPM baru merupakan tambahan dari Kementerian Sosial. Sesuai surat edaran, proses verifikasi dilaksanakan sampai 5 Februari 2021.
 
“Data tambahan baru ini dari pusat. Saat ini kami masih proses (verifikasi) di lapangan. Lolos tidaknya sepenuhnya kewenangan pusat,” ujar Kiki, Selasa, 12 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu sebanyak 52.144 KPM PKH telah menerima bantuan. Pencairan tahap pertama tahun ini mulai dilakukan sejak 4 Januari 2021. 
 
Baca juga: Pasar Malam dan Car Free Day di Cirebon Dilarang selama PPKM
 
Tahun ini KPM akan menerima bantuan sebanyak empat kali. Yakni pada Januari, April, Juli, dan Oktober melalui bank anggota Himbara seperti BRI, BNI, Mandiri, dan BTN).
 
“Sesuai intruksi Bu Menteri (Sosial), 4 Januari 2020, bantuan serentak sudah dicairkan," kata dia.
 
Kiki menambahkan, sepanjang 2020 graduasi atau KPM yang lepas dari PKH sebanyak 8.906. Dengan rincian sejahtera mandiri sebanyak 4.993 KPM dan 3.913 KPM tergraduasi secara alamiah.
 
Jumlah dana yang dibagikan melalui PKH disesuaikan dengan keadaan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Indeks dan faktor penimbang Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan pada 2021 perinciannya yakni kategori ibu hamil dan nifas senilai Rp3 juta dan anak usia dini 0-6 tahun Rp3 juta. 
 
Kemudian kategori pendidikan anak SD atau sederajat Rp900 ribu, pendidikan anak SMP atau sederajat  Rp1,5 juta, dan pendidikan anak SMA atau sederajat Rp2 juta. Lalu kategori penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta dan lanjut usia Rp2,4 juta.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif