Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Polisi Tetapkan Penipu CJH sebagai Tersangka

Nasional penipuan Haji 2019
Syaikhul Hadi • 08 Agustus 2019 21:35
Surabaya: Penyidik Polda Jatim menetapkan Murtadji Junaidi sebagai tersangka dalam kasus dugaan penipuan bermotif percepatan pemberangkatan calon jemaah haji (CJH). Tersangka langsung ditahan di Mapolda Jatim.
 
Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengungkapkan tersangka terbukti memberikan janji kepada sejumlah calon jamaah haji agar bisa cepat diberangkatkan ke Tanah Suci.
 
"Modus tersangka bisa mempercepat pemberangkatan haji asalkan korban membayar sejumlah uang kisaran Rp 5-35 juta per orang," ujar Frans, Kamis, 8 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Polisi Tangkap Penipu Modus Percepat Pemberangkatan Haji
 
Hingga saat ini, ada sekitar 59 CJH yang menjadi korban penipuan tersangka. Sebagian besar korban terdaftar sebagai calon jamaah haji pada 2010-2018. Tersangka menjanjikan akan memberangkatkan pada 2024-2040 mendatang.
 
"Korban dimungkinkan bakal terus bertambah. Jadi, melalui tersangka ini, katanya tahun ini bisa diberangkatkan. Makanya jangan mudah percaya sama yang begini ini," terangnya.
 
Barung mengatakan kasus ini terungkap setelah adanya laporan dari para korban. Polisi juga telah memeriksa para korban penipuan tersebut. Atas penipuan ini pelaku terancam Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penggelapan dan penipuan.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif