ILUSTRASI: Jemaah haji Indonesia/MI/Dwi Apriani.
ILUSTRASI: Jemaah haji Indonesia/MI/Dwi Apriani.

Polisi Tangkap Penipu Modus Percepat Pemberangkatan Haji

Nasional Haji 2019
Amaluddin • 07 Agustus 2019 18:28
Surabaya: Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur menahan Murtaji Junaedi, tersangka penipuan percepatan pemberangkatan calon haji. Dalam kasus ini, Murtaji telah menipu sebanyak 51 orang.
 
"Pelaku ini meminta uang Rp5 hingga Rp35 juta kepada korban yang ingin pemberangkatan hajinya dipercepat," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Frans Barung Mangera di Surabaya, Rabu, 7 Agustus 2019.
 
Barung mengatakan kasus ini terungkap setelah adanya laporan dari para korban. Polisi juga telah memeriksa para korban penipuan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasar pengakuan para korban, mereka sudah membayar ke Murtaji Junaidi dengan jumlah bervariasi. Mulai dari Rp5 juta hingga Rp35 juta dengan iming-iming berangkat haji tahun ini. "Ada satu orang tersangka yang telah kita tahan, yakni Murtaji Junaedi," jelas Barung.
 
Barung menyayangkan para korban percaya terhadap modus ercepatan berangkat haji. Pasalnya puluhan korban itu sudah terdaftar resmi sebagai calon haji, yang pendaftarannya mulai 2010 hingga 2018. "Semua korban itu sudah resmi terdaftar sebagai calon haji, dan sesuai kadwal mereka akan berangkat ke Tanah Suci pada tahun 2022 sampai 2024," ungkap Barung.
 
Atas penipuan ini pelaku disangkakan melanggar Pasal 372 dan 378 KUHP tentang penggelapan dan penipuan. Saat ini, kata Barung, polisi masih terus melakukan penyidikan lebih lanjut terkait pihak lain yang diduga terlibat.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif