Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Populer Daerah: Hoaks Konsumsi Daging Sapi Hingga Daerah Siaga Hepatitis Akut

Nasional penyakit aneh Hewan Ternak penyakit menular Berita Populer Berita Populer Daerah Hepatitis Akut
Whisnu Mardiansyah • 12 Mei 2022 09:08
Berbagai peristiwa menjadi tajuk pemberitaan utama di sejumlah daerah sepanjang Rabu, 11 Mei 2022. Di antaranya hoaks konsumsi dagingb sapi imbah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak hingga sejumlah daerah bersiaga antisipasi penyebaran penyakit misterius hepatitis akut.
 
Berikut sejumlah berita populer yang telah dirangkum medcom.id:

Hoaks Konsumsi Daging Sapi

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menepis kabar hoaks yang beredar di WhatsApp Group (WAG) tentang bahaya makan daging sapi karena ada Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di beberapa wilayah di Jawa Timur. Dia meminta masyarakat tidak percaya isu tersebut.
 
“Kabar meresahkan itu beredar terkait munculnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak di Jatim. Sangat berbahaya bagi yang suka mencari referensi dan mudah percaya pada Universitas Broadcast WhatsApp,” kata Eri mengutip instagram pribadinya, @ericahyadi_ Rabu, 11 Mei 2022.
 
Eri menegaskan hoaks ini sangat merugikan pelaku UMKM apalagi yang menggunakan bahan dasar daging. Apalagi, Eri menyebut penyakit PMK tidak menular ke manusia.
 
Selengkapnya di sini: Wali Kota Surabaya Tepis Hoaks Bahaya Konsumsi Daging Sapi Imbas PMK
 

Daerah Siaga Hepatitis Akut

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengaku telah membentuk tim khusus guna mengantisipasi penularan hepatitis akut. Tim tersebut terdiri dari beberapa instansi untuk melakukan pemetaan dan pendataan di seluruh fasilitas kesehatan.
 
"Tim khusus sudah dibentuk, supaya tidak kaget," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Gubernur yang akrab disapa Emil ini menegaskan hingga kini belum ada temuan kasus hepatitis akut di Jabar. Namun, berbagai upaya telah disiapkan ermasuk membentuk tim khusus serta menyiapkan laboratorium yang menganalisis penyakit tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selengkapnya di sini: Ridwan Kamil Bentuk Tim Khusus Antisipasi Hepatitis Akut di Jabar
 

Mobil Polisi Diteriaki Maling

Mobil Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) 308 Polresta Bandar Lampung dirusak sekelompok warga di Kecamatan Marga sekampung Lampung Timur, Selasa dini hari, 10 Mei 2022. Peristiwa terjadi saat tim akan menyergap komplotan pencuri yang membobol rumah mertua Kapolda Metro Jaya Irjen fadil Imran.
 
Kawanan maling yang akan disergap diidentifikasi sebagai pencuri sepeda motor milik keluarga Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, di Kecamatan Enggal, Kota Bandar Lampung. Usai beraksi kawanan penjahat itu diketahui bersembunyi di Desa Peniangan, Kecamatan Marga Sekampung, Lamtim.
 
Sebelas anggota Tekab 308 Polresta Bandar Lampung mulai bergerak ke Lamtim, sekitar pukul 03.00 WIB. Mereka meluncur dengan 3 kendaraan.
 
Selengkapnya di sini: Sergap Komplotan Pembobol Rumah Mertua Kapolda Metro, Polisi Diteriaki Maling
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif