Petugas BPBD Magetan memeriksa lokasi penampakan luntung Jawa/metrotv
Petugas BPBD Magetan memeriksa lokasi penampakan luntung Jawa/metrotv

Warga Magetan Diteror Lutung Jawa

Nasional satwa Hewan Dilindungi Satwa Langka Jawa Timur Hewan Langka
Clicks.id • 14 Mei 2022 09:25
Sidorejo: Seekor Lutung Jawa menampakan diri di area pemukiman warga Desa Durenan, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Satwa dilindungi ini kerap memakan tanaman sayur dan buah milik warga.
 
Dalam video amatir terlihat lutung Jawa sedang berada di atas pohon sejak beberapa hari terakhir. Hewan berwarna hitam dan berekor panjang itu sedang memakan tanaman sayur jepan di atas pohon dekat rumah warga.
 
Menurut cerita dari warga, luntung menampakan diri pada waktu pagi dan sore hari. Warga khawatir dengan munculnya lutung jawa yang bergelantungan di pohon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sering berjalan di atas rumah-rumah warga untuk mencari makanan. Kemunculannya baru pertama kali di ketahui di wilayah ini, " ujar salah satu warga, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Baca: Polda Sumut Tangkap 5 Pelaku Jual Beli Orangutan
 
Sementara itu, petugas BPBD Magetan, Eka Wahyudi, mengatakan pihaknya langsung mendatangi lokasi untuk memastikan keberadan lutung Jawa yang masuk satwa di lindungi tersebut.
 
"Petugas belum melihat kemunculan lutung Jawa. Namun, akan berkoordinasi dengan BKSDA  untuk melakukan evakuasi atau penangkapan agar tidak membuat resah atau mengancam keselamatan warga sekitar, " ucap Eka.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif