Perdagangan bayi orangutan. Foto: Dok/Metro TV
Perdagangan bayi orangutan. Foto: Dok/Metro TV

Polda Sumut Tangkap 5 Pelaku Jual Beli Orangutan

Nasional orangutan polisi Hewan Dilindungi Satwa Langka Penegakan Hukum
MetroTV • 13 Mei 2022 16:46
Deli Serdang: Kepolisian daerah Sumatra Utara (Sumut) mengungkap perdagangan satwa liar orangutan di Deli Serdang, Sumatra Utara. Dari operasi tangkap tangan (OTT) satu individu bayi orangutan Sumatra berhasil diselamatkan.  
 
Tim gabungan cyber crime dan Tipiter Polda Sumut terhadap lima pelaku saat transaksi jual beli bayi orangutan Sumatra di perumahan cemara asri, Percut Sei Tuan, Deli Serdang, Sumatra Utara. Saat diamankan sejumlah pelaku ini sontak melawan petugas dan hendak kabur.
 
"Kelima pelaku perdagangan satwa dengan barang  bukti bayi orangutan Sumatra langsung digiring ke Polda Sumut pada bulan  April lalu," demikian dilaporkan presenter Metro TV, Eva Wondo dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Jumat 13 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam keterangan yang disampaikan Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi pada Kamis, 12 Mei 2022 sore, bayi orangutan yang akan dijual ini merupakan hasil perburuan liar di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang dilakukan tersangka T.
 
"Berhasil mengungkap serta menangkap lima orang pelaku yang menjual belikan. Serta bukti satu orangutan yang rencananya mau dijual seharga Rp 23 juta per ekor," kata Hadi
 
Kasus ini merupakan lanjutan tim cyber crime Polda Sumut dengan Subdit Tipiter untuk melakukan OTT terhadap pelaku. Namun, berdasarkan informasi yang beredar, T yang menjadi pelaku utama diduga dibebaskan dari jerat hukum.
 
"Polda Sumut belum memberikan keterangan lebih lanjut. Namun Polda Sumut hanya menyebut melakukan pengembangan," ujar presenter Metro TV, Eva Wondo.
 
Berdasarkan peraturan kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), kasus jual beli satwa dilindungi harus dihukum sesuai aturan berlaku. Namun pihak kepolisian masih melakukan pemeriksaan dan belum memberikan hukuman. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif