Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Festival Adu Bedug Hidup Lagi setelah 2 Tahun Absen

MetroTV • 23 Mei 2022 12:34
Bekasi: Setelah dua tahun absen karena pandemi covid-19, festival adu bedug dan dondang kembali digelar di kawasan Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Ribuan warga antusias menyaksikan festival yang merupakan agenda tahunan ini.
 
Acara dibuka dengan arak-arakan. Menghadirkan ragam aksi dan pertunjukan dari 40 kelurahan se-Kecamatan Mustika Jaya. Pertunjukan seperti ondel-ondel, tanjidor, pencak silat, dan hadroh ditampilkan.
 
Para peserta dari masing-masing kelurahan wajib memikul dondang dan bedug sebagai salah satu persyaratan. Dondang ini berisikan makanan seperti dodol, uli, geplak, dan wajik gula merah. Tradisi dondang ini merupakan warisan budaya warga Bekasi sejak 50 tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Festival dondang baru digelar sejak 15 tahun yang lalu. Tidak hanya warga asli Bekasi, warga asing pun turut mengapresiasi festival seni ini.
 
Baca: 3 Tradisi di Jepara Diakui Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia
 
"Saya sangat senang mengikuti festival ini bersama Pak Lurah. Satu tahun di Indonesia merupakan pengalaman yang menyenangkan, terutama berinteraksi dengan masyarakat yang ramah," ujar Kris, WNA asal Belgia, dalam program Metro Pagi Primetime di Metro TV, Senin, 23 Mei 2022. (Alifiah Nurul Rahmania)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif