ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Kota Ambon Alami Kerugian Hingga Rp10 Miliar Akibat Bencana

Antara • 16 Agustus 2022 17:56
Ambon: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Maluku, mendata kerugian bencana banjir dan longsor periode Juni-Agustus 2022 mencapai Rp10 miliar. Kepala BPBD Kota Ambon Demy Paays mengatakan kerugian tersebut meliputi kerusakan fasilitas umum, seperti jalan dan jembatan.
 
"Sementara itu, rumah rusak akibat bencana di Ambon terdata sebanyak 308 unit rumah secara keseluruhan, belum ditambah kerusakan fasilitas umum," kata Demy, Selasa, 16 Agustus 2022.
 
Ia menjelaskan BPBD seluruh kabupaten kota di Maluku bersama Dinas PUPR, PRKP, Dishub dikoordinasikan Komisi 3 DPRD Provinsi Maluku mendatangi Kementerian PUPR dan BNPB terkait bencana di Provinsi Maluku. Tahap selanjutnya, BPBD Kota Ambon akan melengkapi dokumen dan tim BNPB melakukan verifikasi di lapangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus memilah kerusakan karena ada fasilitas yang menjadi tanggung jawab Pemkot Ambon, Pemprov Maluku, Balai Wilayah Sungai, dan Balai Jalan, sehingga ketika tim BNPB turun ke lokasi untuk verifikasi terdata dengan baik," katanya.
 
Baca: Warga Lebak Diminta Waspada Longsor Jelang Pancaroba
 
Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Ambon sejak Juni hingga Agustus 2022 menyebabkan banjir dan tanah longsor di wilayah Kecamatan Nusaniwe, Sirimau, Teluk Ambon, Teluk Ambon Baguala, dan Leitimur Selatan.
 
Bencana tersebut berdampak pada 1.192 keluarga yang terdiri atas 4.821 jiwa, dan berdampak pada kerusakan pemukiman masyarakat, yakni rumah rusak 308 unit.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif