Simulasi pembelajaran tatap muka di SMPN 4 Solo, Selasa, 13 Oktober 2020. (Foto: Medcom.id/Triawati)
Simulasi pembelajaran tatap muka di SMPN 4 Solo, Selasa, 13 Oktober 2020. (Foto: Medcom.id/Triawati)

Dinas Pendidikan Kota Solo Simulasi Belajar Tatap Muka

Nasional Virus Korona Metode Pembelajaran
Triawati Prihatsari • 13 Oktober 2020 17:16
Solo: Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Jawa Tengah, menyimulasikan persiapan pembelajaran tatap muka jenjang sekolah menengah pertama (SMP), Selasa, 13 Oktober 2020. Simulasi digelar di SMPN 4 Solo dan rencananya pembelajaran tatap muka dilaksanakan mulai November 2020.
 
"Awalnya kita akan memberlakukan seluruh sekolah jenjang SMP sebanyak 23 sekolah untuk pembelajaran tatap muka. Namun kemudian Pak Wali Kota menghendaki dua sekolah dulu, SMPN 4 Solo dan SMP Al Ahzar Syifa Budi Solo, sedangkan 21 sekolah lainnya menunggu perkembangan," papar Kepala Disdik Solo, Etty Retnowati.
 
Simulasi tatap muka di SMPN 4 Solo dihadiri belasan siswa kelas IX didampingi orang tua.Hasil simulasi akan dijadikan rujukan pembelajaran tatap muka bagi sekolah lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam simulasi, seluruh guru dan penjaga sekolah wajib melakukan rapid test terlebih dulu. Kemudian protokol kesehatan diterapkan sangat ketat, salah satunya sekolah memberlakukan pembatasan bagi orang tua pengantar siswa baik yang mengendarai motor ataupun mobil.
 
Baca juga:Pemberian Vaksin Covid-19 di Kota Bogor pada November
 
"Kemudian siswa wajib mengenakan masker dan dicek suhu tubuh. Jika suhu tubuh siswa lebih dari 37 derajat, langsung masuk ruang UKS yang difungsikan sebagai ruang isolasi. Siswa tinggal di sana sampai dijemput orang tuanya untuk pulang," imbuhnya.
 
Selain itu, model pembelajaran tatap muka akan menggunakan sistem setengah kapasitas ruang kelas. Separuh siswa menjalankan sistem pembelajaran tatap muka, sedangkan sebagian lainnya belajar daring. Kemudian seminggu kemudian para siswa akan bertukar pembelajaran.
 
"Penerapan pertama untuk siswa kelas IX, dua pekan kemudian jika lancar akan diterapkan untuk kelas VIII, dua pekan berikutnya diterapkan ke kelas VII. Begitu seterusnya," beber dia.
 
Sementara itu Kepala SMPN 4 Solo, Sri Wuryanti, mengaku telah menyosialisasikan rencana simulasi tersebut ke seluruh orang tua siswa.
 
"Kami juga sudah menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) yang sesuai. Kami siap (buka pembelajaran tatap muka)," imbuhnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif