Ilustrasi--Pekerja membawa kargo untuk dinaikkan ke pesawat di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: ANTARA/Mohammad Iqbal)
Ilustrasi--Pekerja membawa kargo untuk dinaikkan ke pesawat di Terminal Cargo Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. (Foto: ANTARA/Mohammad Iqbal)

Kedatangan WN India Diklaim Telah Diawasi Ketat

Nasional India Virus Korona konflik india
Hendrik Simorangkir • 23 April 2021 13:55
Tangerang: Ketua Satgas Udara Penanganan Covid-19 Kolonel Pas MA Silaban (TNI AU) mengatakan telah melakukan pengawasan secara ketat terhadap kedatangan penumpang pesawat AirAsia yang membawa 117 warga negara asing (WNA) asal India. 
 
Pengawasan ketat itu merupakan prosedur standar terhadap penumpang pesawat rute internasional yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
 
"Prosedur ketat sudah diberlakukan terhadap penumpang pesawat dari India itu, termasuk juga penumpang dari rute internasional yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta," ujarnya, Jumat, 23 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Silaban menuturkan bagi WNA yang akan masuk ke Indonesia harus menyertakan dokumen sebagai persyaratan yang ditetapkan pemerintah. Bagi yang tidak dapat menunjukkan dokumen yang telah ditetapkan, pihaknya tidak akan mengizinkan para WNA datang ke Indonesia. 
 
Baca juga: Vaksin Covid-19 di Jepara Tersisa 326 Vial
 
"Tidak seluruh penumpang dari luar negeri dapat masuk ke Indonesia. Yang boleh masuk ke wilayah Indonesia adalah mereka yang memenuhi persyaratan antara lain membawa surat keterangan tes PCR yang masih berlaku, memiliki KITAS, KITAP, dan mereka harus langsung melakukan karantina," jelasnya.
 
Silaban menjelaskan terhadap penumpang pesawat rute internasional yang tiba di Indonesia dilakukan pengawasan ketat mulai dari bandara hingga proses karantina. 
 
"Seluruh stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta berkoordinasi untuk memastikan prosedur dijalankan dengan ketat," katanya.
 
Sebelumnya, Kepala Imigrasi Khusus Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto, membenarkan keterangan Kasubdit Karantina Kesehatan Ditjen P2P Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dokter Benget, terkait adanya seratusan warga negara asing (WNA) asal India yang masuk ke Indonesia. WNA itu datang ke Indonesia mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
 
"Mereka terbang menggunakan pesawat AirAsia QZ988. Pesawat itu membawa 127 penumpang dan kru, 117 di antaranya warga negara India," ujarnya, Jumat, 23 April 2021.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif