Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)
Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal. (Foto: Medcom.id/Roylinus Ratumakin)

Dana Otsus tak Akan Dipangkas

Nasional otonomi daerah pon 2020
Roylinus Ratumakin • 07 Mei 2020 14:00
Jayapura: Pemerintah Provinsi Papua tidak akan memangkas dana Otonomi Khusus (Otsus) bagi pemerintah kabupaten/kota. Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal mengatakan, skema pembagian dana otsus tidak berubah.
 
“Porsi pembagian dana otsus tidak akan dikurangi, tetap 80 persen bagi pemda kabupaten/kota,” kata Klemen, Kamis, 7 Mei 2020.
 
Klemen menyatakan, dengan tidak ada pemotongan dana Otsus, para bupati dan wali kota diharapkan lebih giat dalam menangani situasi saat ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Poinnya, apa pun yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi akan dilakukan semua. Bahkan, kami sudah mengambil kebijakan yang lebih membantu karena kami peduli dengan situasi yang dihadapi Papua saat ini,” ujarnya.
 
Sementara itu, Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, berharap Pemerintah Provinsi Papua tidak lagi memotong dana otonomi khusus (Otsus) kabupaten/kota untuk PON XX 2020 seperti yang telah dilakukan pada 2019.
 
“Kami minta kepada Gubernur dan Ketua DPR Papua untuk melihat kembali rencana pemotongan dana otsus kabupaten/ kota yang sudah dipotong tahun lalu dan akan dipotong lagi tahun ini untuk kepentingan PON XX Papua,” kata Ricky.
 
Menurutnya, rencana pemotongan untuk tahun ini perlu ditinjau ulang mengingat saat ini kabupaten di Papua, termasuk di Wilayah Lapago dihadapkan dengan masalah penyebaran virus korona.
 
Baca juga:Kabupaten Mimika Terbanyak Rawat Pasien Covid-19

 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif