PSBB di Kota Bogor, Jabar. Medcom.id/Rizky Dewantara
PSBB di Kota Bogor, Jabar. Medcom.id/Rizky Dewantara

Pelanggar PSBB di Kota Bogor Diberi Sanksi Menyapu Jalan

Nasional Virus Korona PSBB
Rizky Dewantara • 12 Mei 2020 16:11
Bogor: Pemerintah Kota Bogor akan mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) untuk sanksi pelanggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Salah satunya sanksi sosial berupa membersihkan sampah atau menyapu di jalan.
 
"Dalam Rancangan Perwali (Raperwali) disebutkan perihal sanksi administratif bagi pelanggar orang maupun korporasi berupa denda. Jika dalam 1x24 jam tidak dapat dilaksanakan, maka dapat diganti dengan sanksi sosial berupa membersihkan sampah di jalan atau menyapu kotoran di jalan yang ditentukan oleh Pemkot Bogor," ungkap Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto kepada Medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Kepala Bagian Hukum dan HAM Pemkot Bogor, Alma Wiranta, menegaskan pihaknya diminta oleh Wali Kota Bogor Bima Arya untuk menyusun sanksi pelaksanaan PSBB. Dalam waktu dekat Perwali segera diterbitkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pemkot Bogor Ajukan PSBB Tahap 3
 
"Perwali tersebut adalah turunan dari Perda Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Kesehatan, di Pasal 126 mengamanatkan adanya Sanksi Administratif yang dapat dikenakan bagi pelanggar PSBB," ungkapnya.
 
Ia juga menyatakan, sanksi yang akan diterapkan ada yang bersifat preventif dan nonyustisia. Artinya Pemkot Bogor melalui perangkat daerah terkait dapat memberikan sanksi kepada pelanggar sebelum melalui proses proyustisia (ultimun remedium).
 
"Dalam rancangan Perwali, kami masukkan sanksi administratif bagi pelanggar orang maupun korporasi berupa denda, jika dalam 1x24 jam tidak dapat dilaksanakan, maka dapat diganti dengan sanksi sosial berupa membersihkan sampah dijalan atau menyapu jalan yang ditentukan oleh Pemerintah Kota Bogor," ujar Bima.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif