12 nelayan selamat dalam insiden kapal terbalik di perairan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
12 nelayan selamat dalam insiden kapal terbalik di perairan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

2 Nelayan Hilang Usai KM Putra Andrea Rizki Dihantam Ombak

Nasional kecelakaan kapal
Rhobi Shani • 25 September 2019 12:07
Jepara: Kapal Motor (KM) Putra Andrea Rizki terbalik dihantam gelombang laut di kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dua dari 15 anak buah kapal dilaporkan hilang.
 
Kepala Desa Parang, Muh Zaenal Arifin, mengungkapkan, peristiwa itu terjadi pada Senin, 23 September 2019. Kapal berlayar hendak mencari cumi-cumi.
 
“Informasi dari korban, mereka dihantam gelombang dan kapal terbalik. Sebanyak 13 orang bisa selamat dan dua lainnya hilang,” kata Zaenal kepada Medcom.id, Rabu, 25 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Zaenal memerinci ABK yang selamat merupakan warga Kabupaten Tegal, yaitu Darsono, Muhammad Mulus Jaelani, Riyanto, Zakariya, Kusno, Sankar Nurudin, Ahmad Fauzi, Hendrik Setiawan, Cahyani, Sumhari, Agus Budi, Awal Mukrodin, Khaerul Naramin. Sedangkan dua ABK yang hilang di antaranya Rudi Hartono dan Rehan.
 
13 nelayan yang selamat mencoba bertahan di atas kapal yang telah terbalik selama satu hari. Mereka kemudian ditemukan nelayan Pulau Parang dan diberikan pertolongan.
 
KM Putra Andrea Rizki ditemukan di 14 mil sebelah utara Pulau Parang. Para korban kemudian dibawa ke Pulau Parang dan tinggal sementara di rumah kepala desa.
 
“Kondisinya sehat dan sudah bisa diajak komunikasi. Sudah diperiksa kesehatan. Siang ini diseberangkan ke Jepara, nanti di pelabuhan Jepara dijemput KKP Tegal,” pungkas Zaenal.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif