Ilustrasi cuaca buruk. (ANT/YUSRAN UCCANG )
Ilustrasi cuaca buruk. (ANT/YUSRAN UCCANG )

Cuaca Buruk Jadi Kendala Pencarian Helikopter MI-17

Nasional helikopter hilang kontak
Antara • 04 Juli 2019 17:01
Jayapura: Pencaharian hari keenam helikopter MI 17, yang hilang kontak sejak Jumat, 28 Juni 2019, terkendala cuaca. Tim SAR gabungan tidak dapat bertugas maksimal, akibat cuaca yang sering berubah cepat.
 
"Hingga hari keenam belum ada laporan tentang ada petunjuk tentang keberadaan helikopter milik TNI AD yang membawa 12 orang termasuk penumpang dan crew," kata Komandan Lanud Silas Marsma TNI Tri Bowo, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Tri Bowo mengungkap, laporan yang diterima cuaca cepat berubah. Sehingga menghambat pencarian, termasuk melalui udara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Danrem 172 PWY Kol Inf Binsar Sianipar mengaku, sejak Rabu, 3 Juli, tim SAR gabungan tidak bisa melakukan pencaharian melalui udara akibat cuaca buruk. Dia menerangkan, salah satu helikopter sempat terbang untuk pencarian namun kembali lagi.
 
"Helikopter kembali lagi ke Oksibil akibat cuaca buruk," ucap Sianipar.
 
Baca:Pencarian Darat Helikopter MI-17 Fokus di Distrik Okbape
 
Helikopter MI 17 dengan nomor registrasi HA-5138 membawa 12 penumpang beserta kru, pada Jumat, 28 Juni. Helikopter tersebut sebelumnya terbang ke Okbibab untuk mengirimkan logistik ke prajurit di wilayah tersebut.
 
Sekitar pukul 11.44 WIT helikopter terbang ke Jayapura, dan sesaat setelah terbang, yakni pukul 11.49 WIT, pilot sempat mengucapkan terima kasih setelah melaporkan terbang di ketinggian 7.800 feet, 6 notical mile ke utara.
 
Adapun nama kru dalam helikopter tersebut yakni Kapten CPN Aris (pilot), Lettu CPN Bambang (pilot), Lettu CPN Ahwar (co pilot), Serka Suriyatna, Serda Dita, Praka Dwi Purnomo dan Pratu Aharul.
 
Sedangkan anggota satgas pamtas Yonif 725/WRG yang ikut dalam helikopter tersebut yaitu Serda Ikrar Setya Nainggolan, Pratu Yanuarius Loe, Pratu Risno, Prada Sujono Kaimuddin dan Prada Tegar Hadi Sentana.
 
Baca:Helikopter MI-17 Diprediksi Tidak Menabrak Gunung
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif