Anggota Polsek Wangon mengamankan pelaksanaan Shalat Id dan silaturahmi yang digelar penganut Islam Aboge di Masjid Jami Baitussalam, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (4/5/2022). ANTARA/Sumarwoto
Anggota Polsek Wangon mengamankan pelaksanaan Shalat Id dan silaturahmi yang digelar penganut Islam Aboge di Masjid Jami Baitussalam, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, Rabu (4/5/2022). ANTARA/Sumarwoto

Penganut Islam Aboge Salat Idulfitri Hari Ini

Nasional hari raya idul fitri jawa tengah Lebaran 2022
Antara • 04 Mei 2022 11:14
Banyumas: Anggota Kepolisian Sektor Wangon mengamankan pelaksanaan salat id yang digelar penganut Islam Aboge (Alif Rebo Wage) di Masjid Jami Baitussalam, Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Saat ditemui di Desa Cikakak, Kepala Polsek Wangon Ajun Komisaris Polisi Suprijadi mengatakan kegiatan pengamanan melibatkan tiga anggota Polsek Wangon dan Koramil Wangon.
 
"Tujuannya mengamankan kegiatan masyarakat. Kami mengantisipasi kemungkinan adanya gangguan atau hal-hal lain di luar dugaan," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salat id di Masjid Jami Baitussalam diikuti sekitar 500 jamaah Aboge. Sementara saat silaturahmi digelar usai salat id, tidak hanya diikuti jemaah Aboge, juga melibatkan warga yang telah merayakan Idulfitri 1 Syawal 1443 Hijriah pada pada Senin, 2 Mei 2022.
 
Kapolsek mengatakan berdasarkan informasi, pelaksanaan salat id penganut Islam Aboge dipusatkan di Masjid Jami Baitussalam karena warga di Dusun Gandarusa telah melaksanakannya pada Senin.
 
Baca juga: H+2 Lebaran, Kawasan Wisata di Bogor Padat
 
Selain di Kecamatan Wangon, penganut Islam Aboge di Kabupaten Banyumas juga tersebar di sejumlah kecamatan, antara lain Ajibarang, Pekuncen, dan Gumelar.
 
Penganut Islam Aboge memiliki perhitungan sendiri untuk menentukan tanggal 1 Syawal maupun peringatan Hari Besar Islam lainnya.
 
Penganut Islam Aboge meyakini bahwa dalam kurun waktu delapan tahun atau satu windu terdiri atas tahun Alif, Ha, Jim Awal, Za/Je, Dal, Ba/Be, Wawu, dan Jim Akhir serta dalam satu tahun terdiri 12 bulan dan satu bulan terdiri atas 29-30 hari dengan hari pasaran berdasarkan perhitungan Jawa, yakni Pon, Wage, Kliwon, Manis (Legi) dan Pahing.
 
Dalam hal ini, hari dan pasaran pertama pada tahun Alif jatuh pada Rabu Wage (Aboge), tahun Ha pada Ahad Pon (Hakadpon), tahun Jim Awal pada Jumat Pon (Jimatpon), tahun Za/Je pada Selasa Pahing (Zasahing), tahun Dal pada Sabtu Legi (Daltugi), tahun Ba/Be pada Kamis Legi (Bemisgi), tahun Wawu pada Senin Kliwon (Waninwon), dan tahun Jim Akhir pada Jumat Wage (Jimatge).
 
Penganut Islam Aboge meyakini tahun 1443 Hijriah merupakan tahun Alif, sehingga 1 Muharam jatuh pada Rabu Wage (hari Rabu dengan pasaran Wage) yang selanjutnya patokan atau hari pertama dan pasaran pertama pada tahun tersebut.
 
Dalam menentukan tanggal perayaan hari-hari besar agama Islam, penganut Aboge memiliki rumusan tersendiri yang mengacu pada hitungan sesuai tahun berjalan, misalnya Donemro/Sanemro (Ramadan jatuh pada hari keenam pasaran kedua) untuk menentukan  1 Ramadhan serta Waljiro (Syawal jatuh pada hari pertama pasaran kedua) untuk menentukan 1 Syawal.
 
Berdasarkan rumusan tersebut, 1 Ramadan 1443 Hijriah jatuh pada Senin Kliwon, 4 April 2022. Sementara untuk 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada Rabu Kliwon, 4 Mei 2022.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif