Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

990 Narapidana di DIY Diusulkan Dapat Remisi Lebaran

Nasional narapidana remisi Yogyakarta Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Antara • 27 April 2022 20:15
Yogyakarta: Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta mengusulkan sebanyak 990 warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari lapas maupun rutan di daerah ini mendapat remisi khusus Lebaran 2022.
 
"Jumlah narapidana kita sebanyak 1.349 orang. Jumlah narapidana beragama Islam ada 1.251 orang, dan jumlah narapidana yang diusulkan untuk mendapatkan remisi khusus Hari Raya Idulfitri 1443 H ada 990 orang," kata Kepala Kanwil Kemenkumham DIY Imam Jauhari di Aula Kanwil Kemenkumham DIY, Rabu, 27 April 2022.
 
Menurut Imam, dari seluruh penerima remisi itu, sebanyak 980 WBP diusulkan menerima remisi khusus (RK) I atau pengurangan sebagian masa hukuman dan 10 orang mendapat RK II atau langsung bebas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


WBP yang menerima RK II, kata dia, adalah 4 WBP dari Lapas Kelas IIA Yogyakarta, 2 WBP dari Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta, 3 WBP dari Lapas Kelas IIB Sleman, dan satu WBP Rutan Kelas IIB Bantul.
 
Baca: 574 Narapidana di Sulut Diusulkan Dapat Remisi
 
Terkait kunjungan saat Lebaran 2022, Imam menyebut jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIY akan memfasilitasi kunjungan secara virtual karena masih dalam masa pandemi covid-19.
 
"Kunjungan keluarga masih belum diperbolehkan dari pusat. Kami memfasilitasi dengan virtual, kami data yang akan melakukan kunjungan video call, dan tidak mengurangi rasa hormat nanti akan kami susun, kami jadwal supaya warga binaan tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga," kata dia.
 
Imam menambahkan fasilitas virtual yang disediakan masing-masing lapas dapat diakses tanpa dipungut biaya.
 
Sementara itu, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), menurut dia, sudah menyiapkan alokasi anggaran untuk melaksanakan rehabilitasi warga binaan yang saat ini terjerat kasus narkoba.
 
"Berkat kerja sama dan kolaborasi dengan BNN,  kanwil sudah bisa melaksanakan rehabilitasi 120 warga binaan yang saat ini sedang berlangsung yang mungkin akan berakhir pada bulan Juni 2022," ujar Imam.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif