Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Kampung Senapan Angin Cipacing Berbenah

MetroTV • 28 Februari 2022 14:25
Sumedang: Kampung Cipacing, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, terkenal dengan pembuatan senapan angin. Kampung ini juga kerap dijuluki sebagai pembuat senapan yang akhirnya disalahgunakan oleh para pembelinya.
 
Nah, saat ini Kampung Cipacing berbenah. Agar tak lagi disalahgunakan, aturan ketat harus dipatuhi para pengrajin. Seperti, ketentuan kaliber proyektil tidak boleh melebihi 4,5 milimeter.
 
Pembinaan dilakukan oleh institusi kepolisian kepada ratusan pengrajin senapan angin. Para pengrajin mendapat pengarahan mulai dari anggota kepolisian di Polsek Jatinangor hingga Mabes Polri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Koperasi Cipacing Mandiri, Cucu Suryaman, menyebutkan jika ada oknum yang membuat senapan angin ilegal atau melebihi kaliber yang ditentukan, akan diberi sanksi. "Hal itu sudah melanggar aturan," kata Cucu dalam tayangan Headline News di Metro TV, Senin, 28 Februari 2022.
 
Baca: Polda Sumsel Minta Masyarakat Tak Simpan Senjata Api Rakitan
 
Aturan ini dikeluarkan dengan tujuan agar tidak terulang kembali pembuatan laras senapan yang tidak sesuai dengan aturan. Selain merugikan masyarakat, kegiatan ilegal itu pun merugikan mata pencaharian mereka. (Paulina Wijaya)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif