Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di BTC Guest House, Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu, 22 November 2021/Dok. NasDem Kota Malang.
Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di BTC Guest House, Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu, 22 November 2021/Dok. NasDem Kota Malang.

Partai NasDem Susun Cakada dan Caleg Kota Malang untuk Pemilu 2024

Daviq Umar Al Faruq • 23 November 2021 17:25
Malang: Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Malang mengusulkan sejumlah calon untuk maju dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024. Nama-nama calon tersebut diusulkan saat Rapat Kerja Cabang (Rakercab) di BTC Guest House, Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu, 22 November 2021.
 
Ketua DPD Partai NasDem Kota Malang, Hanan Jalil, mengatakan, Rakercab ini digelar menindaklanjuti rekomendasi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Daerah Pemilihan (Dapil) Malang Raya, yang digelar di El Royal Hotel, Kota Batu, pada 31 Oktober 2021 lalu.
 
"Dalam Rakercab, NasDem Kota Malang menelurkan beberapa keputusan. Di antaranya, target kursi DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota dan calon wali kota yang akan diusulkan ke DPW Jatim, yang nantinya akan diteruskan ke DPP," katanya, Selasa 23 November 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanan menerangkan, target kursi untuk DPR RI di Dapil Malang Raya, sesuai dengan rekomendasi Rakerda sebanyak 2 kursi. Sedangkan untuk DPRD Provinsi sejumlah 2 kursi dan DPRD Kota Malang 6 kursi.
 
Hanan menambahkan Nasdem Kota Malang akan berjibaku di Dapil Sukun untuk mendapatkan 2 kursi DPRD Kota Malang. Sebab, Kota Malang hanya memiliki 5 Dapil sedangkan, target DPRD Kota Malang ada 6 kursi.
 
“Kami keluarga besar NasDem akan berjibaku agar bisa mendapatkan 2 kursi di Sukun,” ujarnya.
 
Baca: Fraksi NasDem DKI Minta ASN Penerima Bansos di Menteng Diusut Tuntas
 
Ia menjelaskan, dalam Rakercab ini juga telah disepakati dengan seluruh pengurus DPC untuk membentuk pengurus hingga tingkat RT. Hal itu untuk memenuhi target kursi.
 
“Jadi nantinya pengurus NasDem akan ada hingga tingkat RT, yang sudah kita SK tiap DPC pengurusnya 25 kader, DPRT 25 kader. Akhir tahun nanti kita akan bentuk Koordinator RW sebanyak 5 orang. Sedangkan Koordinator RT ada 2 kader yang akan kita lantik,” imbuhnya.
 
Sementara untuk Calon Wali Kota dan atau Calon Wakil Wali Kota Malang, NasDem Kota Malang bersepakat mengusulkan sosok dari 6 keterwakilan. Yakni dari internal NasDem, politisi, unsur wanita, unsur birokrasi, unsur akademisi dan pengusaha.
 
Dari internal NasDem, muncul nama Kresna Dewanata Prosakh, Anggota DPR RI 2 periode dari Dapil Malang Raya. Dari unsur politisi, muncul nama I Made Riyandiana Kartika, Ketua DPC PDIP dan Ketua DPRD Kota Malang
 
Lalu, unsur keterwakilan wanita, muncul nama Widyawati Sutiaji, istri Wali Kota Malang dan Latifah Shohib mantan Anggota DPR RI dari PKB Dapil Malang Raya. Dari unsur keterwakilan birokrasi, nama Wasto mantan Sekda Kota menjadi pilihan tunggal dari kader.
 
Sedangkan keterwakilan dari akademisi, muncul nama Nurkholis Sunuyeko, Rektor IKIP Budi Utomo dan M Bisri, mantan Rektor UB, serta Lutfi J Kurniawan, Pegiat Anti Korupsi dan dosen UMM.
 
Sementara itu dari unsur pengusaha, belum ada nama yang menjadi pilihan para peserta Rakercab.
 
“Ini usulan arus bawah Partai NasDem, tentunya kami sebagai ketua DPD akan melakukan komunikasi-komunikasi politik dengan tokoh yang diusulkan. Jadi kami belum tahu beliau-beliau yang diusulkan berkenan atau tidak,” tegas Hanan.

 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif