Ilustrasi / Medcom.id
Ilustrasi / Medcom.id

4 Daerah di Bangka Belitung Masuk Zona Merah

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 zona covid-19 Satgas Covid-19
Antara • 14 Juli 2021 10:53
Pangkalpinang: Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menetapkan empat dari tujuh kabupaten/kota di provinsi itu berstatus zona merah penularan covid-19. Pasalnya, empat daerah tersebut mengalami peningkatan kasus covid-19 cukup tinggi. 
 
"Hari ini Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat dan Belitung masuk zona merah covid-19," kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Andi Budi Prayitno di Pangkalpinang, Rabu, 14 Juli 2021. 
 
Berdasarkan peta zonasi risiko sebaran covid-19, ada tiga zona oranye atau sedang yaitu Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur. Sementara zona kuning nihil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Situasi dan kondisi penularan virus korona saat ini semakin memprihatinkan," ucap Andi. 
 
Kasus harian covid-19 di Babel mencapai 516 orang pada Selasa, 13 Juli 2021. Rinciannya, Kota Pangkalpinang 234 kasus, Kabupaten Bangka 46 kasus, Bangka Tengah 63 kasus, Bangka Barat 37 kasus, Bangka Selatan 26 kasus, Belitung 58 kasus, dan Belitung Timur 52 kasus.
 
Menurut Andi, tingginya penularan dan angka kematian covid-19 di Babel disebabkan oleh meningkatnya mobilitas dan kegiatan berkerumun masyarakat yang melalaikan protokol kesehatan.
 
Baca: Penyekatan Jalan di Bandung Marak Pungli
 
Selain itu, masih adanya pemerintah daerah yang tidak menyediakan fasilitas isolasi memadai sebagai wisma karantina terpadu. Di satu sisi, pasien positif covid-19 pun enggan melakukan isolasi mandiri. 
 
"Penambahan kasus yang tinggi ini juga karena ketidakpedulian masyarakat untuk turut serta melakukan pengawasan terhadap orang yang positif covid-19, sehingga menambah daftar panjang orang yang terpapar dan tertular virus korona," beber Andi.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif