Pasar Terapung, Lok Bintan, Martapura, Kalimantan Selatan. (Foto: Metro TV)
Pasar Terapung, Lok Bintan, Martapura, Kalimantan Selatan. (Foto: Metro TV)

Adu Untung dari Pasar Terapung

Nasional pasar terapung metro tv
MetroTV • 09 Oktober 2020 10:34
Jakarta: Pasar menjadi salah satu tempat jual beli barang dan pusat ekonomi suatu daerah. Lazimnya sebuah pasar berada di darat dan banyak dikunjungi oleh para pembeli. Lantas bagaimana jadinya jika sebuah pasar berada di atas sungai dan para penjual maupun pembeli menggunakan perahu?
 
Inilah yang terjadi di Pasar Terapung, Lok Bintan, Martapura, Kalimantan Selatan. Sungai setempat dialihfungsikan sebagai salah satu sumber kehidupan, masyarakat di sana juga menjadikannya sebagai sarana pusat ekonomi.
 
“Dulu itu sebenarnya saya coba-coba jualan di sini karena bingung tidak ada kerjaan. Tapi pas coba-coba eh hasilnya malah lumayan ya sudah akhirnya keterusan,” ungkap Salitiah, salah satu pedagang di pasar terapung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, para pedagang di pasar terapung mayoritas menjual hasil dari kebunnya masing-masing. Selain itu, terkadang para pedagang menjual ikan hasil tangkapan di sekitar sungai.
 
Baca juga:105 Peserta Aksi Tolak UU Ciptaker di Makassar Ditangkap
 
Bustan, salah satu pedagang yang telah hampir 15 tahun berniaga di pasar tersebut mengungkapkan kehadiran para wisatawan yang datang ke sana cukup membantu menggerakkan roda ekonomi pasar terapung. Keunikanya, pasar terapung telah menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang.
 
“Biasanya kalau ada wisatawan, mereka bayar secara tunai. Meskipun untungnya sedikit yang penting bayarannya tunai. Jadi kita pegang uang,” ujar Bustan.
 
Keberadaan pasar ini telah menjadi salah satu pondasi ekonomi masyarakat Lok Bintan dan sekitarnya. Para ibu-ibu menggantungkan harapan mereka di tempat tersebut.
 
Kisah tentang para pedagang di pasar terapung Lok Bintan, bisa disaksikan dalam program dokumenter Melihat Indonesia berjudul Terapung yang tayang pada Minggu, 11 Oktober 2020, pukul 10.30 WIB di Metro TV.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif