Lanskap pemukiman padat penduduk di Kota Bandung. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Lanskap pemukiman padat penduduk di Kota Bandung. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Pemkot Bandung Disebut Tak Libatkan Forum RW Terapkan PSBM

Nasional Virus Korona kota bandung PSBB
Antara • 15 Oktober 2020 17:50
Bandung: Forum Rukun Warga (RW) Kota Bandung, Jawa Barat, menyatakan sampai saat ini pihaknya belum dilibatkan oleh pemkot dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) atau mini lock down.
 
Ketua Forum RW Kota Bandung, Robbiana Dani Awalludin, mengaku belum mengetahui lebih jauh soal perkembangan pembahasan teknis PSBM.
 
"Koordinasi dengan pemkot tidak ada, dengan satgas juga tidak ada pelaksanaannya. Karena kami juga tidak dilibatkan untuk perencanaan dan sebagainya, kita enggak tahu perkembangannya seperti apa," kata Robbiana, Kamis, 15 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, menurutnya, mungkin juga ada sejumlah RW yang sudah menerapkan PSBM di bawah pengawasan Gugus Tugas Covid-19. Namun dari kelurahan dan kecamatan belum berkoordinasi dengan Forum RW.
 
Baca juga:Tiga Prioritas Penerima Vaksin Covid-19 di Kota Bogor
 
"RW atau RT itu mungkin mereka juga enggak tahu dan mungkin pemkot banyak lakukan hal lain berkoordinasi baru sampai lurah, tapi memang kami tidak dilibatkan," ungkapnya.
 
Di sisi lain, kata dia, masih ada RT maupun RW yang kebingungan dalam penerapan PSBM. Ia pun berharap Pemkot Bandung bisa kembali menjelaskan dan melibatkan Forum RW dalam PSBM ini.
 
"Kami bingung mau ajukan seperti apa, bagaimana juga kami bingung," tuturnya.
 
Saat ini, Pemkot Bandung menjadikan PSBM sebagai solusi untuk mencegah penyebaran covid-19 lebih luas. Adapun wilayah yang bakal diterapkan PSBM yakni wilayah yang terdapat kasus positif covid-19 aktif, walau hanya satu orang.
 
"Penyampaian lebih mengena jika dilakukan kalangan mereka sendiri. Mungkin bisa digencarkan lewat media sosial," jelasnya.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif