Turini, TKW asal Cirebon yang sempat diinformasikan hilang selama 21 tahun. (Medcom.id/A Rofahan)
Turini, TKW asal Cirebon yang sempat diinformasikan hilang selama 21 tahun. (Medcom.id/A Rofahan)

Tak Digaji 21 Tahun, Turini Pulang Terima Rp594 Juta

Nasional arab saudi
Ahmad Rofahan • 22 Juli 2019 14:20
Cirebon: Tenaga kerja wanita asal Cirebon, Jawa Barat, Turini, bisa berkumpul dengan keluarganya setelah 21 tahun tak diizinkan pulang oleh majikannya di Arab Saudi. Turini tak hanya membawa badan, tapi juga upah yang sebelumnya tak dibayar majikan selama 21 tahun bekerja.
 
Turini mengatakan petugas KBRI datang dengan polisi mengancam majikannya,. Bila upahnya selama 21 tahun bekerja tidak dibayar, maka majikannya akan ditahan.
 
"Kalau kamu tidak bayar, kamu akan dipenjara," kata Turini, mengulang kata petugas saat itu, di Cirebon, Senin, 22 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Turini mengatakan mendapatkan 5 ribu Riyal saat awal negosiasi. Sedangkan sisanya yakni 155 ribu riyal dibayarkan ketika berada di KBRI.
 
Baca:Diah Berharap Ibunya Tak Kembali Lagi ke Arab Saudi
 
Dia mengungkapkan, majikannya sempat mencoba menipunya sesaat sebelum dikembalikan ke KBRI. Saat itu, majikan menyodorkan kertas yang disebut sebagai cek uang gaji yang belum dibayar.
 
"Saya tolak, saya meminta uang tunai. Katanya ini cek isinya uang, padahal palsu," ungkapnya.
 
Pengantar Kerja Ahli Pertama Direktorat Jenderal Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Kementrian Tenaga Kerja,Yurnalis Chan,mengatakan total gaji Turini 160 ribu Riyal atau sekitar Rp594 juta. Jumlah tersebut merupakan gaji Turini selama 21 tahun bekerja.
 
Yurnalis mengaku sengaja membawa polisi ke rumah majikan Turini. Lantaran, sang majikan sempat ingkar janji ke pihak KBRI."Karena janjinya mau memulangkan, tapi ternyata tidak," kata Yurnalis.
 
Baca:Turini Kembali Berkumpul dengan Keluarganya
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif