Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Humas Pemprov Jateng.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/Humas Pemprov Jateng.

Resep Gubernur Jateng Kurangi Angka Kemiskinan

M Sholahadhin Azhar • 18 Januari 2022 15:47
Semarang: Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data pengurangan 175.740 penduduk miskin di Jawa Tengah pada 2021. Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo membeberkan resepnya.
 
Dia mengatakan program penurunan kemiskinan terpusat di lima daerah kemiskinan ekstrem seperti Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, Pemalang dan Brebes. Menurut Ganjar, program pengentasan kemiskinan di sana dibarengi dengan bantuan tunai Rp300 ribu per bulan dari pemerintah.
 
Baca: Pastikan Tepat Sasaran, Ganjar Cek Penerima Rumah Sehat Layak Huni di Banyumas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Inisiatif kita di daerah ada dari CSR (corporate social responsibility) dan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) kita juga punya program satu OPD (organisasi perangkat daerah) satu desa miskin," ujar Ganjar melalui keterangan tertulis, Senin, 17 Januari 2022.
 
Dia mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng juga memiliki program pembangunan rumah sehat layak huni (RSLH), sambungan listrik gratis, dan jambanisasi. Menurut Ganjar, beberapa program tersebut efektif mengurai kemiskinan.
 
"Dinas Koperasi UMKM ada pemberdayaan UMKM, Bank Jateng ada kredit lapak khusus ibu-ibu dengan bunga murah, BP3AKB ada pemberdayaan wanita, semua kita kerahkan," kata dia.
 
Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Adhi Wiriana memerinci jumlah penduduk miskin di Jateng pada Maret 2021 yakni 4,11 juta jiwa. Jumlah tersebut berkurang menjadi 3,93 juta jiwa pada September 2021.
 
Persentase angka kemiskinan Jateng yakni angka 11,25 persen. Ada penurunan 0,54 persen dibanding 11,79 persen pada Maret 2021.
 
"Terjadi penurunan 175,740 orang, salah satu faktor penurunan kemiskinan dan pengangguran ini adalah beragam program bantuan dari pemerintah," kata Adhi Wiriana dalam keterangan tertulis.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif