Pelabuhan Merak. Foto: MI
Pelabuhan Merak. Foto: MI

54 Ribu Pemudik Menyebrang dari Merak ke Bakauheni per 26 April

Nasional Mudik Lebaran Pelabuhan ASDP Info Mudik Mudik 2022
Hendrik Simorangkir • 27 April 2022 10:24
Tangerang: Pemudik tujuan Pulau Sumatra terus berdatangan ke Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Para penumpang mulai memadati di tujuh dermaga yang disediakan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Merak.
 
Berdasarkan data yang diterima dari ASDP Merak, sebanyak 54.956 pemudik menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung pada Selasa, 26 April 2022. Rinciannya, penumpang pejalan kaki 2.480 orang dan penumpang di dalam kendaraan 52.476 orang.
 
Sedangkan, jumlah kendaraan sebanyak 13.174 unit yang terdiri atas roda dua ada 2.787 unit, kendaraan roda empat 7.078 unit, bus 388 unit, dan truk 2.921 unit. Kasat Lantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Atmodjo mengatakan penumpang mudik lebih awal lantaran tidak mau terjebak saat puncak arus mudik nanti. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelabuhan Merak telah dipadati pemudik yang berangkat lebih awal," ujar Dwi, Rabu, 27 April 2022.
 
Yusuf mengatakan rekayasa arus lalu lintas telah dilakukan dari akses jalan menuju Pelabuhan Merak. Jalan Cikuasa Bawah dijadikan jalan untuk kendaraan yang keluar dari dalam pelabuhan dan sebagai jalur aktivitas masyarakat setempat.
 
Baca: 228.600 Orang Tinggalkan Jawa Menuju Sumatra
 
"Sedangkan Jalan Cikuasa Atas kita jadikan kantung parkir untuk kendaraan menuju Pelabuhan Merak. Kami sudah terjunkan personel ke lapangan untuk melakukan pengaturan dan rekayasa lalu lintas itu," ucapnya.
 
Selain itu, pihaknya pun memberlakukan rekayasa di dalam pelabuhan untuk memaksimalkan kendaraan yang bisa tertampung di seluruh dermaga.
 
"Kita berusaha mempercepat proses bongkar muat kapal. Kantung parkir di dermaga juga kita maksimalkan," ujar dia.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif