ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Manipulasi Laporan Pajak, Bos Ekspedisi Rugikan Negara Rp29 Miliar

Nasional pajak tangerang selatan pajak daerah
Farhan Dwitama • 19 April 2022 17:22
Tangerang: pengusaha jasa ekspedisi, Gunawan Wikanto alias Paulus dijebloskan ke Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang setelah resmi menyandang status tersangka dalam kasus pencucian uang dengan nilai kerugiaan negara mencapai Rp29 miliar.
 
Kepala Seksi Intelijen, Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang Selatan, Purkon Rohiyat, mengatakan tersangka dijerat dengan pasal 3 Undang-undang nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang (TPPU) juncto pasal 64 ayat 1.
 
"Resmi hari ini Seksie Pidana Khusus Kejari Tangsel, melakukan tahap II (penyerahan tersangka dan barang bukti) karena melanggar pasal 3 Undang-undang nomor 8 tahun 2010 juncto pasal 64 ayat 1 tentang pencegahan dan pemberantasan TPPU," kata Purkon di Tangerang Selatan, Selasa, 19 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Eks Pejabat Dirjen Pajak Dadan Ramdani Dijebloskan ke Sukamiskin
 
Purkon menjelakan tersangka diduga memanipulasi data perpajakan usaha ekspedisinya sejak tahun 2010 hingga tahun 2014.
 
"Karena perbuatannya telah menimbulkan kerugian pada pendapatan negara dari sektor perpajakan sekurang-kurangnya sebesar jumlah Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dalam masing-masing faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi yang sebenarnya selama tahun 2010 sampai dengan tahun 2014 yaitu senilai Rp29 milya lebih," jelas Purkon.
 
Selanjutnya dengan telah dilakukannya tahap II dalam perkara pidana TPPU tersebut, tersangka dititipkan ke Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, untuk waktu paling lama 20 hari.
 
"Menjadi tahanan titipan di Lapas Pemuda Tangerang, terhitung hari ini 19 April hingga 8 Mei 2022," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif