Wali Kota Malang, Sutiaji. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
Wali Kota Malang, Sutiaji. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq

Kota Malang Siapkan Aturan Turunan Pelonggaran Pemakaian Masker

Daviq Umar Al Faruq • 18 Mei 2022 16:09

Malang: Pemerintah Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, sepakat dengan pelonggaran kebijakan pemakaian masker. Pihaknya kini tengah menyusun aturan turunan terkait kebijakan tersebut.
 
"Surat edaran masih kita susun. Saya pun kemarin masih (baru) lihat SE dari Kementerian. Ditunggu ya," kata Wali Kota Malang, Sutiaji, Rabu, 18 Mei 2022.
 
Sutiaji mengaku, dalam surat edaran tersebut nantinya terdapat aturan pelonggaran pemakaian masker bagi masyarakat yang sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka. Syaratnya tidak padat orang atau berkerumun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang namanya ruang terbuka kan memang tidak ada sekat. Kalau di pasar bagaimana? ya masih kita lihat. Kalau di mal kan masih tertutup, jadi masih tetap pakai masker. Bisa jadi nanti lapangan bola itu kan sudah dibuka untuk penonton, tapi bahasanya tetap tidak ada kerumunan," jelasnya.
 
Sutiaji menilai pelonggaran penggunaan masker di ruangan terbuka, merupakan salah satu langkah transisi dari tahap pandemi menuju endemi covid-19. Meski begitu ia meminta masyarakat tidak lengah.
 
Baca juga: Pemkot Tangsel Tunggu Aturan Resmi Pelonggaran Pemakaian Masker
 
"Ini sudah menuju ke endemi. Tapi masyarakat tetap harus waspada. Dan grafik di Kota Malang, ketika dua minggu setelah Lebaran kita tidak fluktuatif, Insyaallah kita sudah menuju ke endemi," ungkapnya.
 
"Ini ada tanda-tanda. Ini masih di 12 hari setelah Idulfitri ternyata Pak Presiden Jokowi bahwa di ruang terbuka sudah tidak wajib. Tapi bagi mereka yang sakit harapannya ya pakai masker," imbuhnya.
 
Di sisi lain, dengan adanya pelonggaran penggunaan masker tersebut, Pemkot Malang juga berencana membuka kembali kegiatan Car Free Day (CFD) yang dilakukan tiap hari Minggu di sepanjang ruas Jalan Ijen, Kota Malang.
 
"Insyaallah, mudah-mudahan nanti car fee day sudah mulai akan kita buka," bebernya.


 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif