Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Perampok Toko Emas Bersenjata Api di Tangsel Terungkap Lewat Sidik Jari

Farhan Dwitama • 01 Oktober 2022 08:38
Tangerang: Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Sarly Sollu, mengakui lambannya pengungkapan kasus perampokan toko emas bersenjata api yang terjadi di pusat belanja ITC Serpong, Tangerang Selatan, Jumat, 16 September kemarin.
 
"Perlu diketahui lamanya pengungkapan ini, karena cukup detil yang harus kita laksanakan dari barang bukti yang kita temukan," ungkap Kapolres Tangsel, AKBP Sarly Sollu, di Mapolres Tangsel, Jumat, 30 September 2022. 
 
Menurut Sarly, kasus perampokan toko emas bersenjata api itu akhirnya dapat diungkap, setelah petugas dapat mengidentifikasi sidik jari di sejumlah alat bukti yang diperoleh polisi dari hasil penyelidikan di beberapa lokasi kejadian. Bukti tersebut, berupa skotlet motor yang dilepas, korek api dan selongsong peluru di lokasi toko emas yang tertempel sidik jari pelaku. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita dapat mengidentifikasi dari adanya sidik jari di skotlet motor yang dicopot di suatu tempat, korek api dikantung jaket, sidik jari di slongsong peluru yang diamankan di TKP. Kita rangkum sedemikian rupa dan keluar satu rumus sidik jari yang begitu utuh dan keluar satu identitas nama S, pemilik motor Mega Pro ini," ungkap Kapolres.
 
Baca: 4 Sindikat Perampokan Toko Emas dengan Senpi di Tangsel Ditangkap

Berkat identifikasi tersebut, kemudian polisi menangkap empat tersangka kasus pencurian dengan kekerasan di tiga lokasi toko emas kawasan Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. 
 
"Dari situ kita amankan S, dan ambil keterangan sehingga kita berhasil kita amankan 4 tersangka di 3 lokasi," terang Kapolres.
 
Kasubdit Jatanras Polda Metro Jaya, AKBP Panji Yoga, menerangkan bahwa penangkapan komplotan pelaku spesialis pencuri toko emas itu, bermula dari teridentifikasinya pelaku S di kawasan Leuwi Sadeng, Bogor, Jawa Barat. 
 
Setelah dilakukan penangkapan terhadap S, berkembang ke pelaku TH, yang bertindak selaku eksekutor perampokan yang sempat meminjam sepeda motor S, dalam waktu lama.
 
"Keterangan S, kami mendapat inisial TH, lalu kami bagi tim bersama sat Reskrim Polres Tangsel, kita bagi tiga tim pertama tim yang ada di wilayah Leuwi Sadeng, Bogor, Grobokan bersama Polres dan Polsek setempat melakukan penyelidikan tersangka TH, hingga akhirnya kita amankan TH didalam rumah, sempat mendapat perlawanan sedikit dan tim kami berhasil mengantarkan pelaku ke Polres Tangsel," terang dia.
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif