Tim SAR saat melakukan pencarian korban tenggelam di perairan Lembeh, Bitung. Antara/HO-Humas Basarnas Manado
Tim SAR saat melakukan pencarian korban tenggelam di perairan Lembeh, Bitung. Antara/HO-Humas Basarnas Manado

Jasad Seorang Warga Tenggelam di Perairan Lembeh Sulut Ditemukan

Antara • 30 November 2022 21:14
Manado: Tim SAR gabungan menemukan jasad seorang warga yang tenggelam di perairan Lembeh, Kota Bitung, Sulawesi Utara, dalam keadaan meninggal.
 
"Korban tenggelam, Handrianto, ditemukan tidak jauh dari lokasi kejadian perkara (LKP)," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado, Monce Brury, di Manado, Rabu, 30 November 2022.
 
Baca: Beberapa Saksi Kebakaran Kapal Cantika Express Bisa Jadi Tersangka

Korban Handrianto bersama temannya Suharso menggunakan perahu berangkat dari Desa Kareko menuju Desa Binuang untuk pembelian perahu kemarin.
 
Saat di pertengahan perjalanan, perahu mati mesin dan dihantam ombak, perahu mengalami kebocoran, korban dan temannya berusaha menyelamatkan diri. Akan tetapi korban tidak bisa berenang akhirnya tenggelam terbawa ombak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korban yang saat itu menggunakan kaos warna hitam dan celana hitam, sempat berteriak meminta tolong akan tetapi tidak ada perahu yang lewat di sekitar LKP.
 
Atas peristiwa itu korban Handrianto dinyatakan hilang dan Suharso selamat.
 
Korban asal Desa Manembonembo Atas, Kecamatan Matuari Kota Bitung, dinyatakan hilang pada pukul 15.10 WITA. Warga sekitar sempat melaksanakan pencarian secara mandiri akan tetapi korban tidak ditemukan.
 
Basarnas saat menerima laporan kejadian ini memerintahkan anggota sebanyak satu tim penyelamat dan membawa peralatan perahu karet untuk melaksanakan pencarian.
 
Tim SAR gabungan seperti, Basarnas, Polairud, BPBD dan masyarakat setempat, melakukan pencarian dengan dibagi beberapa regu.
 
Tim melaksanakan pencarian secara zig zag, dan difokuskan di sekitaran LKP, mengingat informasi dari masyarakat bahwa angin laut mengarah ke daratan dan di sekitar lokasi juga terdapat keramba ikan.
Pada jam 11.45 WITA, akhirnya korban ditemukan yang tidak jauh dari LKP dan korban tersangkut di keramba milik warga dalam keadaan mengambang.
 
"Tim SAR gabungan langsung mengevakuasi korban dan membawa korban ke rumah duka untuk disemayamkan," jelas Monce.
 
Monce mengapresiasi kepada seluruh tim SAR gabungan yang terlibat di lapangan sehingga pencarian korban sangat ditemukan. "Dengan ditemukan nya korban operasi kami tutup," ungkapnya.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif