ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Harga Telur di Jawa Tengah Diyakini Segera Turun

Media Indonesia • 29 Agustus 2022 07:40
Jateng: Harga telur ayam ras di Jawa Tengah masih berkisar Rp32.000 per kilogram (kg). Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Batang Subiyanto meminta warga bersabar lantaran harga telur akan segera turun.
 
"Harap bersabar karena dalam waktu dekat dipastikan harga telur akan kembali turun," ujar Subiyanto, Senin, 29 Agustus 2022. 
 
Meningkatnya harga telur ayam ras karena adanya perubahan musim. Hal ini menyebabkan produksi telur menurun serta adanya pembelian cukup besar untuk program bantuan nontunai sembako.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Setelah program sosial tersebut selesai maka jumlah telur di pasar kembali berlimpah," ucapnya.
 
Berdasarkan hasil koordinasi dengan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batang, jumlah produksi telur ayam ras mencukupi kebutuhan warga.
 
"Saya pastikan stok telur ayam ras masih aman untuk memenuhi kebutuhan warga," ujar dia.
 
Baca: Wapres: Pemerintah Tekan Harga Telur dengan Operasi Pasar
 
Kepala Bidang Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati Koeswantoro mengatakan terjadinya kenaikan harga telur ayam ras terjadi karena berlaku hukum pasa. Saat ini, jumlah barang yang tersedia berkurang tetapi kebutuhan meningkat, sehingga secara langsung harga naik.
 
"Namun setelah jumlah barang tersedia berlimpah dsn kebutuhan berkurang dipastikan harga telur akan kembali normal," ucap Koeswantoro.
 
Hal serupa juga diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Demak Iskandar Zulkarnain, meskipun harga telur ayam ras terus meningkat namun stok mencukupi kebutuhan warga. Tingginya harga telur saat ini, ungkap Iskandar Zulkarnsin, terjadi karena adanya beberapa faktor.
 
"Selain naiknya harga pakan juga meningkatnya kebutuhan warga di bulan Agustus ini serta adanya penurunan produksi dibandingkan biasanya. Kalau naiknya karena harga pakan tinggi Pemerinta Pusat harus intervensi," ucap dia.
 
(NUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif