Pedagang gas di wilayah Ciledug, Kota Tangerang belum mendapatkan sosialiasi mengenai kebijakan penjualan gas hanya bisa dilakukan oleh penyalur resmi dari Pertamina dan wajib pakai kartu tanda penduduk (KTP).
Pedagang gas di wilayah Ciledug, Kota Tangerang belum mendapatkan sosialiasi mengenai kebijakan penjualan gas hanya bisa dilakukan oleh penyalur resmi dari Pertamina dan wajib pakai kartu tanda penduduk (KTP).

Rumah Tangga Pengguna Elpiji 3 Kg di Jepara Dibatasi 4 Tabung dalam Sebulan

Rhobi Shani • 20 Januari 2023 16:18
Jepara: Pangkalan gas elpiji 3 kilogram di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mencatat setiap pembeli gas elpiji tabung melon itu. Sebab konsumen rumah tangga hanya dijatah empat tabung dalam sebulan.
 
Pengelola pangkalan gas elpiji di kawasan Jepara kota, Winarso, mengatakan setiap konsumen rumah tangga yang tercatat di pangkalannya hanya boleh membeli gas elpiji 3 kilogram satu tabung dalam sepekan. Pembelian gas elpiji bagi konsumen usaha mikro juga dibatasi.
 
“Yang beli di sini dicatat semua, rumah tangga maupun yang usaha kecil. Satu orang jatahnya satu tabung seminggu,” kata Winarso, Jumat, 20 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembelian tercatat ini sudah diterapkan lama. Sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam penyaluran gas elpiji tabung melon ke konsumen.
 
Terpisah, Kasubag Sumber Daya Alam pada Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Jepara, Heru Sutamaji, mengatakan pihaknya baru saja menerima surat Direktorat Jendral Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) terkait penyesuain maksimal penyaluran gas elpiji 3 kilogram. Pihaknya menegaskan tidak ada pembatasan pembelian gas elpiji di Bumi Kartini.
 
Baca: Pembelian Gas Elpiji 3 Kg di Kabupaten Malang Masih Normal

“Kami sudah koordinasi dengan Pertamina, tidak ada pembatasan. Di dalam surat Ditjen Migas disebutkan, konsumen rumah tangga jatahnya empat tabung per bulan, kemudian usaha mikro 10 tabung per bulan,” ujar Heru.
 
Selain konsumen rumah tangga dan usaha mikro, pangkalan juga diizinkan melayani konsumen lain di luar dua kategori tersebut. Kuota kategori lain sebanyak 25 tabung per bulan.
 
“Jadi pangkalan wajib menjual pada konsumen akhir, rumah tangga dan usaha mikro. Distribusi langsung pada konsumen akhir minimal 83 persen,” kata Heru.
 
Tahun ini kabupaten Jepara mendapat kuota gas elpiji 3 kilogram sebanyak 32.165 metrikton. 
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 
(WHS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif