Penyerahan hewan kurban dari Presiden Jokowi ke Masjid Al Fatah, Abepantai, Kota Jayapura. Medcom.id/Roylinus Ratumakin.
Penyerahan hewan kurban dari Presiden Jokowi ke Masjid Al Fatah, Abepantai, Kota Jayapura. Medcom.id/Roylinus Ratumakin.

Presiden Kurban Sapi Simental ke Masjid Tertua di Kota Jayapura

Nasional Idul Adha
Roylinus Ratumakin • 30 Juli 2020 19:24
Jayapura: Satu ekor sapi jenis simental dari Presiden Joko Widodo diserahkan ke masjid tertua di Kota Jayapura, Papua, yakni Masjid Al Fatah Abepantai. Penyerahan sapi berbobot 811 kilogram itu dilakukan oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Setda Papua Muhammad Musa’ad.
 
"Bantuan ini rutin tiap tahun dan diberikan per provinsi, jemaah masjid mana yang dapat kami tidak tahu. Ada yang memantau, memberikan masukan ke Presiden, jadi harus disyukuri karena hanya satu saja, se Papua," kata Musa’ad, Kamis, 30 Juli 2020.
 
Dia menerangkan, sapi yang diberikan selalu dipantau Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua. Khususnya kondisi kesehatan hewan kurban tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sapi ini harus aman, harus halal dan baik, higenis," ujarnya.
 
Baca:Jokowi Salat Iduladha di Istana Bogor
 
Pihaknya memastikan tempat ibadah di Papua memenuhi syarat dan memenuhi protokol kesehatan saat pelaksanaan salat Iduladha. Pasalnya pandemi covid-19 belum berakhir.
 
"Kami juga sebagai ketua pelaksana di Provinsi, saya ingin sampaikan covid-19 ini fakta dan bukan rekayasa," ungkapnya.
 
Sapi kurban pemberian Jokowi akan didistribusikan ke 450-an kepala keluarga umat muslim di Abepantai. Hewan kurban dari Presiden telah dinyatakan bebas Penyakit Hewan Menular Strategus (PHMS) dan memenuhi syarat sebagai hewan kurban sesuai Permentan RI nomor 114 Tahun 2014.
 

(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif