Ilustrasi. Foto: dok MI/M Irfan.
Ilustrasi. Foto: dok MI/M Irfan.

Ganjar Terjunkan Tim Penyuluh Antisipasi Penyebaran Wabah PMK

Mustholih • 17 Mei 2022 15:12
Semarang: Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) mulai menyerang hewan ternak di Jawa Tengah. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, melakukan antisipasi meluasnya wabah PMK dengan menerjunkan tim penyuluh.
 
"Jalan terus, semua dipantau. Surveilans kita jalan dan kemarin kita coba komunikasi dengan beberapa instansi termasuk dari kementerian. Sekarang masih dalam pantauan terus menerus," katanya di Semarang, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Menurut Ganjar, tim penyuluh dari Pemerintah Provinsi Jateng bertugas memeriksa kesehatan hewan-hewan ternak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya ingin kalau nanti ada petani atau peternak yang memang sapinya ada masalah segera kontak penyuluh dan kontak dinas," jelas dia.
 
Baca juga: Ratusan Pedagang Hewan Protes Penutupan Pasar Gondanglegi imbas PMK
 
Ganjar mengakui wabah PMK sudah ditemukan di beberapa daerah di Jawa Tengah. Namun, dia meminta masyarakat tidak perlu panik karena penyakit menular itu bisa disembuhkan.
 
"Jadi masyarakat tidak usah panik. Tidak apa-apa, soalnya sudah ada yang bisa diobati dan sembuh. Tidak apa-apa," ungkap Ganjar.
 
Ganjar mengatakan Jateng saat ini sedang memperketat daerah perbatasan dari lalu lintas hewan ternak. Tujuannya mengantisipasi penularan wabah PMK di Jateng.
 
"Ketat. Semua ketat. Maka betul di daerah perbatasan harus kita lakukan kontrol ketat. Kita sudah punya pengalaman menangani wabah atau pandemi pada manusia," terang Ganjar.
 
Sebelumnya, wabah PMK ditemukan menyerang hewan ternak di Jawa Tengah. Wabah itu ditemukan di Banjarnegara, Boyolali, Rembang, Wonosobo, Banyumas, dan Klaten.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif