Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat meninjau Pos Terpadu di Limbangan, Garut, Jumat, 6 Mei 2022.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat meninjau Pos Terpadu di Limbangan, Garut, Jumat, 6 Mei 2022.

Jabar Siaga Covid-19 Usai Mudik Lebaran

Nasional ridwan kamil Virus Korona vaksin covid-19 Jawa Barat
Roni Kurniawan • 06 Mei 2022 17:33
Garut: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, akan menerapkan siaga penyebaran covid-19 selama sebulan usai momen mudik Lebaran 2022. Jabar pun menyiapkan upaya antisipasi agar kasus tidak terjadi gelombang baru kasus covid-19 usai Lebaran.
 
"Kami tetap akan bersiaga selama sebulan ke depan. Saya lihat ketaatan masyarakat juga masih tinggi," kata Ridwan Kamil Pos Terpadu Mudik Lebaran Limbangan Garut, Jumat, 6 Mei 2022.
 
Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, pengaruh diberlakukannya mudik Lebaran terhadap angka kasus covid-19 akan terlihat dalam 14 hari ke depan. Kendati demikian, Emil berharap tidak ada kenaikan kasus signifikan imbas kepadatan saat mudik Lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya enggak bisa jawab sekarang apakah ada kenaikan imbas diperbolehkannya mudik ini karena polanya tidak begitu. Menurut teori, kehebohannya hari ini lalu data kasusnya terlihat 14 hari kemudian," bebernya.
 
Baca: Deteksi Dini Covid-19, Active Case Finding Digencarkan di Sekolah Usai Libur Lebaran
 
Diakui Emil, per hari ini data menunjukkan tingkat keterisian rumah sakit pasien covid-19 di Jabar sangat rendah yakni berada di angka 0,8 persen. "Per hari ini BOR rumah sakit terpantau hanya 0,8 persen, sangat kecil," sambungnya.
 
Jika pascalibur Lebaran ini angka kasus covid-19 masih landai atau ada kenaikan tapi tidak signifikan, maka transisi pandemi ke endemi akan semakin jelas.
 
"Kalau setelah 14 hari dari hari Lebaran kasus tetap landai, maka saya boleh klaim berarti sudah endemi," ungkapnya.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif