Pemantauan hilal di Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati
Pemantauan hilal di Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh. Foto: Medcom.id/Fajri Fatmawati

Kemenag Aceh Gelar Pemantauan Hilal dari 6 Lokasi

Nasional hilal aceh Idulfitri 1443 Lebaran 2022
Fajri Fatmawati • 01 Mei 2022 16:51
Banda Aceh: Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh akan menggelar rukyatul hilal awal Syawal 1443 Hijriah sore ini. Pantauan hilal akan dilaksanakan di 6 lokasi berbeda di Aceh.
 
"Terdapat 6 lokasi rukyat hilal di Aceh, sementara untuk kota Banda Aceh dan sekitarnya dipusatkan di Lhoknga Aceh Besar tepatnya di Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang, Lhoknga Aceh Besar," kata Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal, Minggu, 1 Mei 2022.
 
Iqbal menyebutkan, 6 lokasi rukyatul hilal di Aceh yaitu, Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Tugu 0 Km Kota Sabang, Bukit Blang Tiron, Perta Arun Gas, Kota Lhokseumawe dan Pantai Lhok Geulumpang, Setia Bakti, Aceh Jaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian POB Suak Geudubang, Kabupaten Aceh Barat dan Pantai Nancala, Teupah Barat, Kabupaten Simeulue," ujarnya.
 
Baca: Observatorium Bosscha Gelar Pemantauan Hilal Penetapan 1 Syawal
 
Menurut Iqbal, rukyatul hilal dilakukan terbatas. Namun masyarakat umum juga dapat menyaksikan hilal tersebut baik di medsos Kemenag Aceh atau datang langsung ke lokasi untuk mengamati via teleskop yang tersedia.
 
“Hilal syawal akan disiarkan di Youtube Kemenag Aceh, Facebook Kanwil Kemenag Aceh dan Facebook observatorium Tgk Chiek Kuta Karang Lhoknga, jadi masyarakat dapat berpartisipasi untuk sama-sama menyaksikan hilal ini,” ucap Iqbal.
 
Pihaknya menerangkan, penetapan 1 Syawal dilakukan setelah sidang isbat seluruh Indonesia dan akan diumumkan oleh Menteri Agama berdasarkan laporan hasil rukyat se-Indonesia di 99 titik. 
 
"Kita dari Aceh juga akan melaporkan hasil rukyat ke pusat. Pada 29 Ramadan, ketinggian hilal seluruh Indonesia berada diatas 3 derajat berdasarkan kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura,” jelasnya.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif