ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Pertamina Tegaskan Kebakaran Truk Elpiji Tidak Pengaruhi Distribusi di Palu

Nasional kebakaran Pertamina Elpiji 3 Kg Elpiji Lebaran 2022
Antara • 25 April 2022 07:25
Palu: PT Pertamina Patra Niaga mengatakan kebakaran truk pengangkut elpiji di Jalan Manggis, Kota Palu, tidak mempengaruhi proses distribusi di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah. Kebakaran terjadi pada Sabtu, 23 April 2022.
 
"Proses distribusi aman dan pasokan elpiji di Palu tetap terpenuhi," kata Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina Regional Sulawesi Taufiq Kurniawan, Minggu, 24 April 2022.
 
Saat ini, Pertamina sedang melakukan identifikasi penyebab kebakaran tersebut, dan pihaknya juga intensif berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Termasuk PT Kalco Patra Energi selaku agen resmi akan bertanggung jawab sepenuhnya atas peristiwa tersebut.
 
Selain identifikasi, Pertamina juga mendata kerugian materil dan nonmateril dari peristiwa tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa.
 
"Kami juga mengapresiasi pemadam kebakaran Kota Palu yang sudah berupaya memadamkan kobaran api," ujar Taufiq.
 
Baca: Jelang Lebaran, Stok BBM dan Gas LPG di Banten Tercukupi
 
Truk yang terbakar mengangkut 175 tabung dengan ukuran 5,5 kilogram, 12 kilogram, dan tabung 20 kilogram. Ia mengimbau masyarakat tidak khawatir kekurangan pasokan setelah peristiwa tersebut karena Pertamina telah menjamin ketersediaan stok terpenuhi selama masa satuan tugas (satgas) di momen Bulan Ramadan dan lebaran Idulfitri 1443 Hijriah.
 
"Masyarakat tidak perlu panik. Pertamina sudah melakukan langkah antisipasi dan dipastikan semuanya berjalan lancar," kata Taufiq.
 
Pertamina mengalokasikan tambahan elpiji sebanyak 228.516 tabung untuk Provinsi Sulawesi Tengah guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama momen libur Lebaran. Sebagaimana alokasi reguler elpiji pada April-Mei 2022 khusus Sulteng, Pertamina menetapkan sebanyak 2.685.120 tabung atau mengalami kenaikan 8,5 persen dari konsumsi normal.
 
"Tabung terbakar hanya sebagian kecil, dan tidak ada elpiji tiga kilogram terbakar. Artinya, stok elpiji bersubsidi dalam dalam keadaan baik," ujar Taufiq.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif