Suasana perempatan lampu merah di Palembang dimanfaatkan seorang pengemis sebagai tempat meminta-minta. ANTARA/Yudi Abdullah/22
Suasana perempatan lampu merah di Palembang dimanfaatkan seorang pengemis sebagai tempat meminta-minta. ANTARA/Yudi Abdullah/22

Pengemis Musiman Jelang Idulfitri di Sumsel Ditertibkan

Nasional PMKS Sumatra Selatan
Antara • 27 April 2022 12:31
Palembang: Petugas Dinas Sosial Sumatra Selatan bersama petugas di sejumlah kabupaten dan kota melakukan operasi penertiban pengemis musiman yang marak setiap menjelang Hari Raya Idulfitri.
 
"Pengemis musiman yang akhir-akhir ini marak di sekitar pusat perbelanjaan, pasar tradisional, dan perempatan lampu merah dikeluhkan masyarakat mengganggu ketertiban dan kenyamanan sehingga perlu dilakukan tindakan penertiban," kata Kepala Dinas Sosial Sumsel Mirwansyah, di Palembang, Rabu, 27 April 2022.
 
Untuk melakukan operasi penertiban pengemis musiman itu, petugas Dinas Sosial didukung Satpol PP secara intensif patroli ke kawasan yang biasa dijadikan tempat para pengemis beraksi meminta-minta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam operasi penertiban tersebut diutamakan pembinaan kepada pengemis yang beraksi di jalanan dan pusat keramaian yang berpotensi menimbulkan gangguan ketertiban umum.
 
Baca juga: Kota Depok Mulai Diserbu PMKS
 
"Petugas diinstruksikan melakukan kegiatan operasi penertiban pengemis secara humanis dan tindakan penangkapan merupakan langkah terakhir," ujarnya.
 
Jika pengemis terbukti berkali-kali terjaring petugas yang melakukan patroli operasi penertiban, tindakan penangkapan diambil.
 
"Pengemis yang membandel atau berkali-kali tidak mematuhi peringatan petugas ditangkap dan dibawa ke panti sosial untuk dilakukan pembinaan," terang Mirwansyah.
 
Pengemis yang telah dilakukan pembinaan dan memiliki keluarga akan diserahkan ke pihak keluarganya. Sedangkan bagi pengemis yang tidak memiliki keluarga, akan ditampung di panti sosial untuk mengikuti program rehabilitasi dan diberikan bekal keterampilan.
 
"Jadi ketika dibaurkan kembali ke masyarakat bisa menjalani kehidupan dengan mencari nafkah sesuai keterampilan yang diperoleh selama menjalani rehabilitasi sosial," kata Kadinsos.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif