Ilustrasi--Suasana di halaman Gedung Kasuari. (Foto: Medcom.id/Mustholih)
Ilustrasi--Suasana di halaman Gedung Kasuari. (Foto: Medcom.id/Mustholih)

Polisi Simpulkan Penyebab Kebakaran di RSUP dr Kariadi Semarang

Mustholih • 31 Desember 2021 16:14
Semarang: Kepala Polda Jawa Tengah, Irjen Ahmad Lutfhi, menyatakan kebakaran di ruang MRI Instalasi Onkologi Gedung Kasuari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi, Semarang, terjadi akibat korsleting listrik.
 
Menurut Luthfi, sebelum terjadi kebakaran di Gedung Kasuari, ruang MRI hendak digunakan memeriksa pasien onkologi pada pukul 16.30 WIB, Kamis, 30 Desember 2021.
 
"Saat alat MRI dilakukan pemasangan untuk dilakukan pemeriksaan terhadap pasien, ada hubungan korsleting pada stop kontak di tempat kejadian perkara," kata Luthfi, di Polda Jawa Tengah, Semarang, Jumat, 31 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luthfi menegaskan penyelidikan tim forensik Polda Jawa Tengah di lokasi kebakaran Gedung Kasuari RS dr Kariadi sudah selesai. Luthfi menyatakan hasil analisis di lapangan, tim forensik Polda Jawa Tengah tidak menemukan indikasi adanya human error atau kelalaian manusia.
 
"Bukan, bukan human eror ya," ujar Luthfi.
 
Baca juga: Setahun, 7 Polisi di Jatim Dipecat
 
Luthfi mengatakan hasil analisis Tim Forensik Polda Jawa Tengah akan digabungkan dengan keterangan saksi-saksi yang sudah diperiksa oleh Polrestabes Semarang. Ia memastikan penyidik sudah memeriksa dokter yang memasang alat MRI, pegawai kebersihan, dan saksi-saksi lain yang dianggap mengetahui awal mula kebakaran di Gedung Kasuari.
 
"Kemarin hampir diperiksa 11 saksi lebih. Hasil analisis kami nanti akan digabung dengan keterangan saksi-saksi," jelas Luthfi.
 
Kebakaran di Gedung Kasuari RSUP dr Kariadi sebelumnya terjadi pada pukul 18.15 WIB, Kamis 30 Desember 2021. Saat kebakaran, hujan deras sedang mengguyur Kota Semarang.
 
Kebakaran terjadi ruang MRI Instalasi Onkologi RSUP dr Kariadi dan tidak sampai merembet ke ruangan lain. Meski begitu, akibat kebakaran itu, 50 pasien onkologi di Gedung Kasuari harus dievakuasi ke Gedung Garuda RSUP dr Kariadi.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif