Kendaraan roda empat turun dari kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (2/3/2022). Arus penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk (Jembrana, Bali) menuju Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi, Jawa Timur) terpantau ramai menjelang ditutupnya jalur pe
Kendaraan roda empat turun dari kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (2/3/2022). Arus penumpang dari Pelabuhan Gilimanuk (Jembrana, Bali) menuju Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi, Jawa Timur) terpantau ramai menjelang ditutupnya jalur pe

Aktivitas Penyeberangan dari dan Menuju Bali Ditutup Selama Nyepi

Antara • 02 Maret 2022 20:58
Lombok: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) akan menutup sementara layanan penyeberangan dari dan menuju ke Pulau Bali, yakni lintasan Ketapang-Gilimanuk dan Lembar-Padangbai, pada saat Hari Raya Nyepi mulai Kamis, 3 Maret 2022.
 
"Untuk menghormati umat Hindu di Pulau Bali yang sedang melaksanakan Catur Brata Nyepi maka akan dilakukan penutupan sementara layanan operasional penyeberangan di dua lintasan yang menghubungkan wilayah Jawa, Bali dan Lombok," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin di Jakarta, Rabu, 3 Maret 2022.
 
Shelvy menyampaikan penutupan sementara aktivitas penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang mulai Kamis, 3 Maret pukul 00.00 WIB hingga Jumat, 4 Maret pukul 05.00 WIB. Sedangkan dari Pelabuhan Gilimanuk mulai Kamis, 3 Maret pukul 01.00 Wita hingga Jumat, 4 Maret pukul 06.00 Wita.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, penutupan juga dilakukan dari Pelabuhan Padangbai, Bali dan Pelabuhan Lembar, Lombok pada Kamis, 3 Maret mulai pukul 06.00 Wita hingga Jumat, 4 Maret pukul 06.00 Wita.
 
Baca: 800 Umat Hindu di Jateng dan DIY Gelar Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan
 
Penutupan sementara operasional di lintasan yang menghubungkan Jawa, Bali dan Lombok akan dilakukan mulai Kamis, 3 Maret selama kurang lebih 29 jam, dan akan kembali beroperasi normal pada Jumat, 4 Maret.
 
Menurut dia, penyesuaian ini juga sesuai dengan surat edaran Gubernur Bali dan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan penyeberangan terkait Hari Raya Nyepi Tahun 2022.
 
"Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar mengatur jadwal perjalanannya dengan baik," ujarnya.
 
Terkait layanan dan operasional selama Nyepi, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang dan Lembar telah menginstruksikan kepada operator pelayaran yang beroperasi di kedua lintasan tersebut untuk menyosialisasikan penutupan sementara aktivitas penyeberangan kepada penumpang.
 
Namun demikian, ASDP telah mengantisipasi lonjakan kendaraan di kedua lintasan tersebut dengan menyiagakan armada secara maksimal serta pengaturan waktu berlayar dan sandar.
 
Untuk di Ketapang-Gilimanuk, ASDP mengoperasikan sekitar 28 unit kapal per harinya dari total 52 unit kapal yang disiagakan. Antisipasi juga dilakukan di Pelabuhan Padangbai, di mana tetap disiagakan 3 unit kapal untuk pelayanan darurat dari total 26 kapal yang beroperasi di lintasan Padangbai-Lembar.
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif