Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Gubernur DIY Minta Operasi terkait Covid-19 Diperketat saat Natal Tahun Baru

Nasional Virus Korona natal dan tahun baru covid-19 pandemi covid-19
Media Indonesia.com • 22 Desember 2020 14:27
Yogyarkarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyarkarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X mengeluarkan Instruksi No: 7/INSTS/2020 tentang Penegakan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 pada saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Intruksi tersebut untuk mencegah tenjadinya lonjakan kasus positif covid-19 di DIY.
 
Gubernur DIY menginstruksikan kepada wali kota dan bupati di DIY untuk memperketat operasi yustisi/nonyustisi. Hal itu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan isolasi terpusat dan protokol kesehatan.
 
"Kedua, mencegah kegiatan sosial yang berpotensi mengumpulkan orang banyak," terang Sri Sultan dalam instruksi yang ditandatangani, Selasa, 22 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pengunjung Pasar Tradisional Tak Pakai Masker Dites Antigen
 
Ketiga, memperketat pembatasan sosial dengan memberlakukan pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan/mal, warung makan, rumah makan, kafe, restoran, bioskop, tempat hiburan, dan tempat wisata. Pelaksanaan jam operasional mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB, mulai tanggal 24 Desember 2020 sampai dengan 8 Januari 2021.
 
Keempat, memperketat protokol kesehatan di rest area, tampat parkir, hotel, dan tempat wisata. Kelima, optmalisasi pemantauan isolasi terpusat.
 
Kenam, mewajibkan kepada Pengelola Hotel/Penginapan dan Ketua RT/RW sebelum menerima tamu dari luar Daerah Istimewa Yogyakarta untuk meminta hasil rapid tes antigen/swab antigen/swab PCR dengan hasil negatif paling lama H-7.
 
“Instruksi ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, 22 Desember 2020,” ujarnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif