Salah satu RW di Surabaya menyiapkan tempat isoman bagi warganya. (Istimewa)
Salah satu RW di Surabaya menyiapkan tempat isoman bagi warganya. (Istimewa)

RS Penuh, 2 RW di Surabaya Siapkan Ruang Isoman

Nasional Virus Korona covid-19 Isolasi Mandiri pandemi covid-19
Amaluddin • 27 Juli 2021 20:31
Surabaya: Sejumlah RW di Kota Surabaya, Jawa Timur, menyiapkan ruang isolasi mandiri (isoman) bagi warga yang terpapar covid-19. Ruang itu digagas dengan gotong royong demi melindungi dan menyelamatkan warga setempat.
 
Salah satunya adalah RW 8 Perum Babatan Pratama, Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung Surabaya. Ada sebuah bangunan yang dijadikan posko Kampung Tanggung Wani Jogo Suroboyo yang dijadikan tempat isoman. 
 
"Tempat isolasi ini sudah sejak tahun lalu, dan sudah ada tiga pasien yang dirawat di tempat ini," kata Ketua RW 8, Riyan Suhariyadi, di Surabaya, Selasa, 27 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Riyan mengaku sengaja menjadikan posko itu menjadi tempat isoman karena akhir-akhir ini rumah sakit (RS) penuh. Tempat isoman itu dibuat agar pasien covid-19 tidak menulari anggota keluarga lainnya. 
 
Riyan memastikan warga yang menjalani isolasi di posko tersebut akan dikontrol secara berkala oleh dokter yang kebetulan berasal dari warga setempat. 
 
"Kami juga tidak ingin warga yang terpapar itu merasa dikucilkan dan merasa dibuang hanya karena terpapar covid-19. Bagi kami, siapapun bisa terkena virus ini, artinya ini bukan aib, sehingga kami bersama-sama merawat warga itu," ucapnya. 
 
Baca: Tiba di Surabaya, 120 PMI dari Singapura Dikarantina di Asrama Haji
 
Lalu, warga RW 5 Wisma Kedung Asem Indah, Kelurahan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut, juga melakukan hal yang sama. Gedung Balai RW dijadikan tempat isoman. Bahkan, di tempat tersebut juga sudah disiapkan tabung dan peralatan kesehatan lainnya untuk merawat warga yang terpapar covid-19.
 
Ketua RW 5 Wisma Kedung Asem Indah, Didik Edy Susilo, mengatakan penyediaan ruang isolasi ini sudah dipersiapkan sejak awal dibentuknya Kampung Tanggung Wani Jogo Suroboyo. Menurutnya, tempat isolasi ini dipersiapkan sejak dini karena khawatir ada peningkatan kasus covid-19.
 
"Kalau ada warga yang terpapar, kami langsung laporkan ke puskesmas dan langsung dibawa untuk dirawat. Kalau ada yang isolasi juga dibantu makannya oleh warga, jadi benar-benar gotong royong mengatasi ini," papar Didik. 
 
Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengapresiasi para RW yang sudah memiliki ruang isolasi untuk warganya. Seharusnya, tempat isoman tingkat RW adalah step pertama. 
 
"Yang betul sebenarnya seperti itu (menyiapkan isolasi di tingkat RW), tapi karena mungkin tidak bisa, makanya saya tarik ke tingkat kelurahan, sehingga isolasi di setiap kelurahan," terang Eri.
 
(SYN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif