Ilustrasi covid-19. Medcom.id
Ilustrasi covid-19. Medcom.id

Angka Kematian Covid-19 di Surabaya Mulai Menurun

Amaluddin • 31 Agustus 2021 08:20
Surabaya: Angka kematian akibat covid-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur, berangsur menurun. Kini, angka kematian covid-19 mencapai rata-rata 10 orang, dari sebelumnya di atas 25 orang per hari.
 
"Alhamdulillah semoga kita terus bisa menekan kasus covid-19 di Surabaya. Mohon kerjasamanya kepada seluruh masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Rachmanita, di Surabaya, Selasa, 31 Agustus 2021.
 
Dalam sepekan terakhir, tepatnya pada 23-29 Agustus 2021, lanjut Febria, angka kematian yang dimakamkan secara protokol kesehatan terus menurun setiap hari. Misalnya pada 23 Agustus, total pemakaman jenazah covid-19 sebanyak 13 jenazah, menurun jadi 10 orang pada 24-25 Agustus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu kembali menurun satu jenazah masing-masing pada 26-27 Agustus, dan menurun dua jadi enam jenazah pada 28 Agustus. Bahkan keesokan harinya pada 29 Agustus, nihil pemakaman jenazah covid-19. Namun pada 30 Agustus, jumlah kematian covid-19 kembali naik jadi 11 orang.
 
Baca:  Ramai Anggaran Pemakaman Covid-19 di Jember, Polisi Periksa BPBD
 
"Penurunan terjadi di tiga tempat pemakaman covid-19, yakni TPU Babat Jarawat, TPU Keputih dan Krematorium," katanya.
 
Menurutnya, adanya penurunan angka kematian ini seiring menurunnya kasus covid-19 di Surabaya. Serta gencarnya vaksinasi yang digelar merata di setiap kelurahan hingga kecamatan.
 
"Kita juga lakukan testing secara masif, tracing kasus kepada kurang dari 48 jam. Lalu evakuasi kasus konfirmasi kurang dari 24 jam ke tempat isolasi terpusat (isoter) dan memastikan tidak ada isolasi mandiri di rumah (kecuali kasus khusus)," ujarnya.
 
Febria berpesan kepada seluruh warga Surabaya agar tetap disiplin menerapkan prokes. Sebab, cara ampuh terhindar dari covid-19 adalah menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, dan tidak berkerumun.
 
"Terpenting, jangan lupa protokol kesehatan ketat wajib hukumnya dimanapun berada," ujarnya.
    
Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk  https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.
 
(LDS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif