Ilustrasi pemeriksaan sapi. Medcom.id/ Roni Kurniawan
Ilustrasi pemeriksaan sapi. Medcom.id/ Roni Kurniawan

Waspada PMK Jelang Iduladha, Pemkot Bandung Ajukan Vaksinasi Hewan Kurban

Roni Kurniawan • 17 Mei 2022 14:17
Bandung: Pemerintah Kota Bandung mengajukan vaksinasi terhadap hewan kurban ke pemerintah pusat menjelang Iduladha 2022. Hal itu sebagai upaya mengantisipasi adanya kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan kurban terutama sapi.
 
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan hingga kini pihaknya belum menemukan kasus sapi yang suspek PMK. Namun Yana mengaku terus berupaya untuk mengantisipasi terutama menjelang Iduladha salah satunya dengan vaksinasi hewan kurban.
 
"Sebentar lagi kan Iduladha ya. Kita lagi berupaya untuk mengajukan vaksin hewan ke pemerintah pusat. Terlebih, kita tidak punya peternakan sendiri. Jadi, memang agak sulit untuk menutup jalur pengiriman dari luar kota," kata Yana di Balai Kota Bandung, Selasa, 17 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: PMK, Warga Babel Diimbau Tak Konsumsi Tulang Sapi
 
Yana menjelaskan kebutuhan jumlah vaksinasi sangat tinggi untuk hewan berkuku belah, terutama yang akan dijadikan sebagai kurban. Pasalnya saat ini sebanyak 75 ekor sapi disembelih di rumah potong hewan yang berada dibawah naungan Pemkot Bandung.
 
"Sapi saja dipotong 75 ekor per hari di rumah potong hewan. Kambing dan domba juga perlu kita vaksin. Ya, termasuk banyak jumlah yang dibutuhkan untuk vaksin hewan ini," jelasnya.
 
Yana berharap melalui vaksinasi hewan bisa mengantisipasi penularan penyakit pada hewan potong kurban. "Mudah-mudahan kita bisa antisipasi, meskipun secara teori tidak menular ke manusia, tapi kalau virusnya menempel ke manusia, bisa transmisi ke binatang lain," ungkap Yana.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif