Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau beberapa titik yang tergenang rob di Kota Semarang.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau beberapa titik yang tergenang rob di Kota Semarang.

Ganjar Siapkan Penanganan Jangka Panjang Banjir Rob

Mustholih • 24 Mei 2022 13:18
Semarang: Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan penanganan banjir di Kota Semarang, sedang berlangsung. Menurut Ganjar, tanggul darurat sedang dibuat di antara PT Janata Marina Indah dengan PT Optima Sinergi Comvestama yang menjadi tempat luapan air laut.
 
"Di daerah sini ternyata kemarin coba kita tutup jebolnya di sana, agak panjang. Tapi kalau kita lihat titiknya ternyata di sini lebih dekat. tanahnya sudah ada, ini tinggal dikeruk. Maka saya minta dikerjakan sebelum jam 1 karena hari ini kemungkinan akan naik lagi," kata Ganjar Pranowo, saat meninjau tanggul jebol di Kota Semarang, Jateng, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Ganjar mengatakan selain di antara PT Janata Marina Indah dengan PT Optima Sinergi Comvestam, tanggul jebol juga terjadi di kawasan PT Pinnacle Apparels. Bersama rombongan BBWS, Dinas PSDA, dan Pelindo, Ganjar menuju lokasi menggunakan kapal karet milik Basarnas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Pelabuhan Tanjung Emas Semarang Lumpuh Dilanda Banjir Rob
 
Ganjar berharap ada gambar dari udara yang menangkap banjir rob di Kota Semarang untuk mengetahui koordinat titik limpasan air.
 
"Dalam kondisi emergency kita mesti show off. Peralatan, manusia, dan sumber dayanya digerakkan sejak tadi malam," beber Ganjar.
 
Ganjar menyatakan penanganan banjir rob jangka panjang sebenarnya sedang dilakukan. Di Pekalongan, sedang berjalan pembangunan tanggul laut, sementara di Semarang-Demak, sedang dibangun jalan tol yang berfungsi sebagai penahan rob.
 
"Memang mesti ada regulasi yang cukup ketat di area coastel ini, pinggiran ini. Kalau bangunannya masih mengambil air tanah cukup tinggi ya kita akan mengalami ini terus," beber Ganjar.

 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif