ilustrasi/Medcom.id
ilustrasi/Medcom.id

Perempuan Pengepul Benih Lobster Ilegal di Jember Ditangkap

Antara • 19 Mei 2022 22:12
Jember: Satuan Reserse Kriminal Polres Jember menangkap seorang perempuan berinisial W, warga Desa Puger Kulon, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dia ditangkap lantaran menjadi pengepul benih lobster ilegal di wilayah setempat.
 
"Tersangka W mengakui kegiatan penjualan benih lobster secara ilegal itu sudah berlangsung hampir satu tahun," kata Kepala Polres Jember, AKBP Hery Purnomo, dalam konferensi pers yang digelar di Markas Polres Jember, Kamis, 19 Mei 2022.
 
Ia mengatakan pengepul membeli benih lobster dari nelayan. Harga Rp9.000 untuk benih lobster mutiara dan Rp5.000 untuk benih lobster pasir per ekornya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, dijual kepada pembeli sebesar Rp12.000 per ekor untuk benih lobster mutiara dan Rp6.250 per ekor untuk benih lobster pasir.

 
"Yang bersangkutan tidak memiliki izin untuk memperjualbelikan benih lobster yang didapatkan dari nelayan di wilayah Kecamatan Puger, sehingga hal tersebut melanggar undang-undang," ucapnya.
 
Baca: Polres Jember Gagalkan Jual-Beli Ratusan Benih Lobster
 
Tersangka dijerat pasal 26 ayat 1 UU Nomor 45/2009 tentang Perikanan juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP dan pasal 92 juncto pasal 26 UU Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja. Ancaman hukuman maksimal 8 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1,5 miliar.
 
"Kami juga menerapkan pasal 88 UU Nomor 45/2009 tentang perubahan atas UU Nomor 31/2004 tentang Perikanan dengan ancaman hukuman penjara 6 tahun dan denda Rp1,5 miliar," ujar dia.
 
Polres Jember  terus mengembangkan kasus tersebut untuk mencari agen atau pembeli di tingkat atasnya. Sebab, wilayah Kecamatan Puger rentan terjadi penjualan benih lobster secara ilegal.
 
"Barang bukti yang diamankan yakni 3.000 benih lobster dan kami akan terus mengembangkan penyelidikan karena sebulan terakhir tercatat ada tiga kasus penjualan benih lobster secara ilegal di Jember," kata Hery.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif